PEMBERIAN PENGUATAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK ISLAM IHSAN CENDIKIA MEMPAWAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author MAULANA, RIKI
dc.date.accessioned 2023-01-02T10:34:49Z
dc.date.available 2023-01-02T10:34:49Z
dc.date.issued 2022-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1958
dc.description.abstract Latar belakang dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dalam memberikan penguatan belum sesuai dengan prinsip-prinsip pemberian penguatan. Pada akhirnya akan membuat berkurangnya perhatian mereka pada pelajaran, akibatnya akan berdampak kurang baik semangat belajarnya. Permasalahan tersebut terjadi karena pendidik belum menyadari sepenuhnya adanya pengaruh keterampilan guru dalam memberikan penguatan terhadap hasil belajar peserta didik.. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang: 1) bentuk penguatan oleh guru pendidikan agama Islam dalam proses belajar mengajar di SMK Islam Ihsan Cendikia Mempawah, 2) pelaksanaan pemberian penguatan oleh guru pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran di SMK Islam Ihsan Cendikia Mempawah. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif. Pendekatakan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Islam Ihsan Cendikia Mempawah. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data, kecukupan referensi, mengadakan member chek. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: bentuk penguatan yang diberikan oleh guru pendidikan agama Islam berupa penguatan verbal dan non verbal. Penguatan verbal dengan cara memberikan komentar kepada anak seperti: bagus, pintar, anak rajin, hebat, kamu pasti bisa, dan lain-lain saat siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar, hampir setiap hari memberikan pujian seperti itu pada anak supaya anak itu merasa usahanya itu dihargai. Sedangkan penguatan non verbal dengan cara memberikan memberikan penghargaan dengan menggunakan mimik dan gerakan badan kepada anak. Senyum biasanya dibarengi dengan memberi pujian atau nasehat, ketika ada siswa yang berani maju di depan kelas maupun siswa yang dapat menjawab soal dengan benar. Sebaliknya, memberikan cemberut siswa laki-laki yang sering usil kepada temanya saat guru sedang menjelaskan materi di depan kelas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Penguatan en_US
dc.subject Guru Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.title PEMBERIAN PENGUATAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK ISLAM IHSAN CENDIKIA MEMPAWAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account