PENERAPAN STRATEGI READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA SURAH AL-LAHAB PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUS SHIBYAN PARIT NA`IM DESA SUNGAI MALAYA KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor MA'RUF
dc.contributor.advisor Budiyono
dc.contributor.author FARUQ, UMAR
dc.date.accessioned 2023-01-02T10:04:28Z
dc.date.available 2023-01-02T10:04:28Z
dc.date.issued 2020-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1955
dc.description.abstract Latar belakang masalah berupa bahwa proses pembelajaran di kelas kurang berjalan dengan baik. Antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran juga cenderung sangat kurang. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang tidak Fokus terhadap pelajaran yang di berikan oleh guru. Untuk mengatasi masalah, maka dilakukan Penelitian. Rumusan masalah penelitian ini adalah “1). Bagaimanakah kemampuan siswa dalam membaca dan mengartikan Al-Quran surah Al-Lahab sebelum menerapkan strategi reading aloud di Kelas V.? 2). Bagaimanakah penerapan strategi reading aloud pada materi membaca dan mengartikan Al Quran surah Al-Lahab di Kelas V? 3). Bagaimanakah kemampuan siswa dalam membaca dan mengartikan Al-Quran surat Al-Lahab setelah menerapkan strategi reading aloud di Kelas V? 4). Apakah dengan penerapan strategi reading aloud dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan mengartikan AlQuran surah Al- Lahab di Kelas V Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Hidayatus Shibyan Parit Na`im? Selanjutnya, Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan yang dilaksanakan pada siklus 1 dan siklus 2. Tahapan siklus dilakukan dari mulai tahap perncanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung dan teknik pengukuran sedangkan teknik analisa data dengan menggunakan rumus persentase. Hasil dari Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Sebelum menggunakan strategi strategi reading aloud menunjukkan hasil yang kurang memuaskan dengan perolehan nilai rata- rata hasil belajar dari 30 siswa terdapat 10 (33,33 %) siswa tuntas dan sisanya 20 (66,67 %) siswa tidak tuntas. Nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 45, dengan rata-rata nilai 56,33. 2). Penerapan strategi reading aloud telah dilaksanakan dengan baik dari tahap perencaan, pelaksanaan, pengamatan maupun tahap refleksi.. Kelemahan pada siklus 1 diperbaiki pada siklus 2 dan membuat proses pembelajaran lebih baik. 3). Pada penelitian tindakan siklus I, peneliti menerapkan strategi reading aloud pada proses pembelajaran, hasil belajar, dari 30 siswa terdapat 24 siswa (80 %) tuntas dan sisanya 6 siswa (20 %) tidak tuntas. Nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 60, dengan rata-rata nilai 66,16. Pada siklus 2 dari 30 siswa terdapat 30 siswa (100 %) tuntas dengan Nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 75, dengan rata-rata nilai 81,3. 4). Peningkatan kemampuan siswa antara Pra Tindakan dengan tindakan pada siklus 2. Nilai rata-rata pada Pra tindakan sebesar 56,33 sedangkan nilai rata-rata pada siklus 2 sebesar 81,33. Jadi terdapat peningkatan nilai rata- rata sebesar 25. sedangkan peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar pada pra tindakan sebesar 33,3% sedangkan pada siklus 2 sebesar 100%, jadi terdapat peningkatan ketuntasan belajar sebesar 72,7%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA SURAH AL-LAHAB PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUS SHIBYAN PARIT NA`IM DESA SUNGAI MALAYA KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account