Kesulitan Siswa Kelas VII di MTs Al-Ihsan Pontianak dalam Melafalkan Makhorijul Huruf Hijaiyah Pada Program Mengaji Pagi Tahun Pelajaran 2020-2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor RAHMATULLAH, MUHAMMAD
dc.contributor.advisor YAPANDI
dc.contributor.author Gamaria, Syarifah
dc.date.accessioned 2022-12-30T13:53:04Z
dc.date.available 2022-12-30T13:53:04Z
dc.date.issued 2022-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1954
dc.description.abstract Penelitian ini mengungkapkan permasalahan tentang kesulitan siswa dalam melafalkan huruf hijaiyyah sesuai demgan makorijul hurufnya pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist. Fokus peneliatian sebagai berikut: bagai mana pelafalan makhorijul huruf siswa di kelas, apasaja kesulitan siswa dalam melafalkanhuruf hijaiyyah, dan apa saja faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam melafalkan huruf hijaiyyah sesual makhorijul huruf nya. Dari permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makhorijul huruf siswa, kesulitan pelafalan suiswa, dan faktor kesulitan siswa dalam melafakan makhorijul khuruf hijaiyyah pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist di kelas VII di MTs Al- ihsan pontiank tahun ajaran 2020-2021 Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Mata Pelajran Al-Qur’an Hadist berjumlah 2 orang, Kepala sekolah berjumlah 1 orang, dan siswa kelas VII berjumlah 5 orang. Teknik yang diguinakan dalam pengumpulan data adalah Data Observasi Langsung, wawancara Mendalam, dan Dokumentasi. Sedangkan analisis datany menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Adapun teknih pemeriksaan keabsahan data menggunakan Member check dan Triangulasi Data. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka, peneliian ini menyimpulkan bahwa: 1) Pelafalan makharijul huruf hijaiyah siswa, 2) kesulitan siswa dalam melafalkan huruf hijaiyah terutama huruf dalam kelompok al-Halaq (kha, Ghain, Ha tebal, dan Ha tgipis), al-Jauf (Yaa mati yang sebelumnya berharakat kasrah), Lisan (Sin dan Shaad), Syafatani (Ba), 2) faktor yang menyebabkan terjadila kesulitan siswa dalam melafalkan huruf hijaiyah sesuai dengan makharijul hurufnya yang terdiri dari faktor-faktornya sebagai berikut: kurangnya motivasi, faktor kecerdasan, faktor keluarga, sarana dan prasarana, serta cara guru mengatasi kesulitan siswa tersebut dengan cara mebeiasakan siswa untuk mengulangi huruf yang sama untuk diucapkan berulang kali sampai dinyatakan benar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Makharijul Huruf en_US
dc.subject Hijaiyah en_US
dc.subject Pelafalan en_US
dc.title Kesulitan Siswa Kelas VII di MTs Al-Ihsan Pontianak dalam Melafalkan Makhorijul Huruf Hijaiyah Pada Program Mengaji Pagi Tahun Pelajaran 2020-2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account