PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor RAHMATULLAH, MUHAMMAD
dc.contributor.advisor MA'RUF
dc.contributor.author JUMHURI, ISKANDAR
dc.date.accessioned 2022-12-30T12:16:34Z
dc.date.available 2022-12-30T12:16:34Z
dc.date.issued 2020-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1953
dc.description.abstract Masalah umum dalam penelitian ialah “bagaimanakah pelaksanaan penilaian hasil belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya?” tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendapatkan informasi, dan mendeskripsikan tentang: 1. Pelaksanaan penilaian di awal proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2. Pelaksanaan penilaian di dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 3. Pelaksanaan penilaian di akhir proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk mencapai tujuan tersebut menggunaka metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitiannya guru dan siswa melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan proses kerjannya, mengumpulkan data, redusi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan triagulasi dan memberchek yang disusun secara sistematis, faktual dan aktual. Adapun hasil penelitian ini ialah: 1. Pelaksanaan penilaian proses di awal pembelajaran. Dalam pelaksanaan penilaian di awal proses pembelajaran guru melakukan pengamatan kepada siswa ketika dalam proses pembelajaran seperti ketika siswa sedang presentasi tugas di depan, mengerjakan tugas kelompok maupun individu, dan saat siswa berdiskusi. Dalam pengamatan tersebut guru mengamati tiga aspek yaitu, aspek kognitif, asfek afektif, dan aspek psikomotorik, kemudian guru juga mengadakan evaluasi diakhir proses pembelajaran, seperti tanya jawab, pemberian soal-soal, tugas individu dan kelompok. 2. Pelaksanaan penilaian di dalam proses. Guru berupaya menghimpun data hasil belajar siswa selama pembelajaran dari awal hingga akhir pembelajaran, dan data yang dihimpun berupa penugasan, ulangan harian, tes perorangan (hafalan dan parktik), dan ulangan akhir semester. Kemudian setelah mengumpulkan data hasil belajar tersebut kemudian guru mengolah data dari hasil belajar siswa dengan mennguanakan program aplikasi anates untuk mendapatkan hasil dari nilai akhir untuk menetukan tindak lanjutnya untuk siswa. 3. Pelaksanaan penilaian di akhir proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan tindak lanjut guru memberikan tindak lanjut berupa memberikan pembelajaran remedial yang diberikan kepada siswa yang nilainya belum memenuhi kriteri ketuntasan minimal (KKM) dan bentuk remedial yang diberikan oleh guru berupa pemberian bimbingan secara perorang berupa hafalan dan praktik, juga pemberian secara tim dengan pemberian tugas atau latihan. Sedangkan bagi siswa yang nilainya telah memenuhi KKM guru memberikan pembelajaran pengayaan adapun bentuk ialah memberikan tugas kelompok dan pemberian tugas individu. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Penilaian hasil belajar en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject SMPN 1 Sungai Raya en_US
dc.title PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account