PELAKSANAAN APLIKASI ZOOM MEETING DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V DI SDN 06 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.author RIZKIANI, AYU
dc.date.accessioned 2022-12-29T13:38:29Z
dc.date.available 2022-12-29T13:38:29Z
dc.date.issued 2022-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1952
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah penelitian berupa pandemi covid-19 sehingga pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan tidak berjalan secara efektif dan efesien. Melalui pelaksanaan aplikasi zoom meeting dalam pembelajaran daring kiranya dapat mendukung kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pelaksanaan Zoom Meeting dalam pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN 06 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2020/2021. 2) kelebihan Meeting dalam pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN 06 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2020/2021. 3) kekurangan Meeting dalam pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN 06 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2020/2021. siswa Zoom siswa Zoom siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu metode fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisi data model deskriptif yang terdiri dari yaitu: reduksi data, penyajian (display) data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diperoleh hasil bahwa: 1) Pelaksanaan aplikasi Zoom Meeting dalam pembelajaran daring mata pelajaran PAI. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi COVID-19 berlangsung secara daring (online) yaitu melalui kegiatan awal, inti dan penutup dimana guru sebelum memulai pembelajaran daring (online) guru menyiapkan perangkat pembelajaran daring seperti RPP, smartphone, buku dan media lainya. Pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan oleh guru dalam membuka pembelajaran, menyampaikan materi, tanya jawab, dan menutup pembelajaran dengan membaca doa dan salam . 2) Kelebihan aplikasi zoom meeting ialah komunikasi antara guru dan siswa lebih mudah dibandingkan dengan berkomuniksai secara tertulis atau melalui chat whatsapp, bisa bertatapan langsung dengan peserta didik walaupun secara virtual. 3) Kekurangan aplikasi zoom meeting ialah kendala pada jaringan internet, boros kuota, jika listrik padam wifi terputus sehingga menyebabkan terhambatnya pembelajaran daring, kurangnya pengawasan dari orang tua. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Zoom Meeting en_US
dc.subject PAI en_US
dc.subject SDN 06 Pontianak Timur en_US
dc.title PELAKSANAAN APLIKASI ZOOM MEETING DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V DI SDN 06 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account