NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB BIDAYAH AL-HIDAYAH KARYA IMAM AL-GHAZALI

Show simple item record

dc.contributor.advisor RAHMATULLAH, MUHAMMAD
dc.contributor.advisor Hasanah, Nor
dc.contributor.author NURMALA
dc.date.accessioned 2022-12-29T08:56:43Z
dc.date.available 2022-12-29T08:56:43Z
dc.date.issued 2021-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1949
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendidikan akhlak dalam Islam merupakan modal awal membangun karakter masyarakat yang menentukan nilai baik dan buruk, benar dan salah. Akhlak sebagai cerminan diri dari setiap sikap, tindakan, cara berbicara, atau tingkah laku seseorang. Namun dalam kenyataannya seringkali terjadi adalah perilaku yang tidak bermoral dan tidak mencerminkan nilai-nilai akhlak yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Seperti kasus kekerasan, kasus pembulian, tawuran, kekerasan terhadap pendidik dan kasus lainnya. Dalam hal ini yang menjadi fokus umum dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Bidayah Al-Hidayah Karya Imam Al-Ghazali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah Karya Imam Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) yang bersifat analisis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Tekhnik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi berupa karya monumental Kitab Bidayah Al-Hidayah. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis, peneliti akan mengungkapkan isi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Bidayah Al- Hidayah karya Imam Al-Ghazali. Berdasarkan analisis yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa nilai- nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah karya Imam Al- Ghazali: Imam Al-Ghazali bernama asli Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali. Lahir di desa Ghazalah, di pinggir kota Thus, yang terletak pada bagian Timur Laut negara Iran berdekatan dengan kota Mashdad, ibu kota wilayah Khurasan pada tahun 450 H atau sekitar 1058 M. Adapun nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Bidayah Al-Hidayah karya Imam Al-Ghazali ada 3 yaitu nilai pendidikan akhlak terhadap Allah Swt diantaranya menundukkan kepala dan memusatkan perhatian kepada Allah Swt, nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri diantaranya berupa menjaga mata dan lisan, dan nilai pendidikan akhlak terhadap lingkungan diantaranya adalah adab seorang alim dan adab seorang siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendidikan Akhlak en_US
dc.subject Bidayah Al-Hidayah en_US
dc.subject Imam Al-Ghazali en_US
dc.title NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB BIDAYAH AL-HIDAYAH KARYA IMAM AL-GHAZALI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account