PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK PADA SISWA KELAS 11 DI MADRASAH ALIYAH AL ADABIY PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor YAPANDI
dc.contributor.advisor Andini Nurhidayah, Vibry
dc.contributor.author NOVITASARI
dc.date.accessioned 2022-12-28T12:00:26Z
dc.date.available 2022-12-28T12:00:26Z
dc.date.issued 2020-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1944
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: 1 mengetahui jenis kegiatan ekstrakurikuler keagamaan pada siswa kelas 11 di Madrasah Aliyah Al Adabiy Pontianak, 2) mengetahui fungsi dan tujuan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan pada siswa kelas 11 di Madrasah Aliyah Al Adabiy Pontianak dan 3) mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan pada siswa kelas 11 di Madrasah Aliyah Al Adabiy Pontianak, 3) mengetahui hasil prestasi non akademik keagamaan yang diraih oleh siswa kelas 11 di Madrasah Aliyah Al Adabiy Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan penelitian kualitatif, Sumber data yang dijadikan subyek dalam penelitian ini adalah guru pembimbing pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Teknik dan alat pengumpulan data yaitu wawancara dengan alat pedoman wawancara dan teknik observasi dengan alat pedoman observasi serta menggunakan teknik dokumentasi dengan menggunakan hp. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Display data, Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Jenis kegiatan eksrakurikuler keagamaan adalah kultum, tahfiz, kasidah, hadrah dan muhadharah, 2) Tujuan dan fungsi pelaksanaan kegiatan eksrakurikuler keagamaan adalah meningkatkan prestasi non akademik dengan cara meningkatkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya, agar memberikan pemahaman ilmu baru, 3) Faktor yang mempengaruhi siswa dalam mengikuti kegiatan eksrakurikuler keagamaan adalah faktor internal yaitu bakat, minat, motivasi siswa dan dorongan pembimbing sedangkan faktor eksternal yakni lingkungan keluarga dan sekolah. Kedua faktor tersebut juga menjadi pendukung dan penghambat di Madrasah Aliyah Al Adaby Pontianak, 4) Hasil kegiatan ekskrakurikuler keagamaan dapat dilihat dari hasil lomba mereka di tingkat kota dan provinsi dalam bentuk piala dan piagam dengan jumlah yang cukup banyak diraih oleh anak tersebut. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan en_US
dc.subject Prestasi Non Akademik en_US
dc.title PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK PADA SISWA KELAS 11 DI MADRASAH ALIYAH AL ADABIY PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account