PENERAPAN METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHWANI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor MA'RUF
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author NASIRI
dc.date.accessioned 2022-12-28T04:02:30Z
dc.date.available 2022-12-28T04:02:30Z
dc.date.issued 2021-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1938
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) penerapan metode resitasi dalam fase pemberian tugas (2) penerapan metode resitasi dalam fase pelaksanaan tugas (3) penerapan metode resitasi dalam fase tugas pada pembelajaran Al-Qur’an Haditst kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ikhwani. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MI Nurul Ikhwani di kecamatan sebangki kabupaten Landak, observasi awal di MI Nurul Ikhwani ketika proses pembelajaran Al-Qur’an Hadist khususnya dalam menghapal Q.S Al-Humazah ayat 1-9 dalam jangka 2 hari peserta didik mampu menghapal. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist dan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ikhwani. Teknik pengumpulan data Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan observasi guru telah melakukan penerapan metode resitasi dalam fase pemberian tugas kepada peserta didik yang mana tugas yang diberikan guru sudah sesuai terhadap kemampuan peserta didik dan jelas juga sehingga peserta didik mampu untuk mengerjakannya dengan baik dan benar. (2) metode resitasi dapat meningkatkan minat dan kemampuan peserta didik dalam menghapal dan belajar Al-Qur’an Hadist pada fase pelaksanaan tugas. Hal ini terlihat dari hasil post-test yang dilakukan peneliti yang mana sebelum menerapkan metode resitasi peserta didik mendapatkan nilai rata- rata 69,65 pada saat pelaksanaan tugas, dan setelah penerapan metode resitasi nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,95 (3) fase tugas dalam penerapan metode resitasi peserta didik sudah mengerjakan tugas dengan baik sehingga guru menunggu hasil tugas dari masing-masing peserta didik dan memberikan nilai terhadap tugas peserta didik. Oleh karena itu penerapan metode resitasi merupakan metode yang dapat membantu proses belajar siswa jauh lebih baik lagi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Resitasi en_US
dc.title PENERAPAN METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHWANI TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account