PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA ISLAMIC CENTRE BIN BAZ AL- MUKARROMAH KECAMATAN PONTIANAK TENGGARA TAHUN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor MA'RUF
dc.contributor.advisor Suhardiman
dc.contributor.author MAULIDI PRATAMA, MUSADDID
dc.date.accessioned 2022-12-27T06:42:02Z
dc.date.available 2022-12-27T06:42:02Z
dc.date.issued 2020-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1929
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan: Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Islamic Centre Bin Baz Al- Mukarromah Kecamatan Pontianak Tenggara Tahun 2019/2020. Kendala dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Islamic Centre Bin Baz Al-Mukarromah Kecamatan Pontianak Tenggara Tahun 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Data primer yaitu ketua, pembimbing dan santri Pondok Pesantren Mahasiswa Islamic Centre Bin Baz Al-Mukarromah, sedangkan data sekunder adalah berupa berbagai sumber buku, sumber arsip, dokumen pribadi dan dokumen resmi yang berkaitan dengan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Islamic Centre Bin Baz Al-Mukarromah. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis datanya, peneliti menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data, peneliti menggunakan dua tahap penelitian yaitu triangulasi data dan member check. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Islamic Centre Bin Baz Al-Mukarromah wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang menetap. Proses pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an berlangsung dengan bertatap muka bersama pembimbing diwaktu yang telah ditetapkan Pondok Pesantren Mahasiswa Islamic Centre Bin Baz Al-Mukarromah yaitu : Setalah sholat shubuh hingga masuk waktu dhuha dan setelah sholat magrib hingga masuk waktu isya. Materi yang diberikan dimulai dari juz 30, 29, kemudian mahasiswa diharuskan memilih untuk lanjut ke juz 28 atau juz 1. Metode yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mahasiswa namun rata-rata mereka menggunakan metode tahfidz, sima’i dan takrir. Evaluasi yang dilakukan yaitu terhadap kelancaran hafalan, makhraj, dan tajwid dengan menggunakan tes sumatif. Kedua, Kendala dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Islamic Centre Bin Baz Al-Mukarromah diantaranya adalah waktu yang terbilang padat untuk menghafal dan muroja’ah, kurangnya kesadaran pada diri mahasiswa untuk disiplin dalam mengulang atau muroja’ah, pengaruh pergaulan sesama teman yang tidak mendukung, gangguan-gangguan kesehatan yang dapat menunda target hafalan, usia lanjut yang dapat menyebabkan daya ingat seseorang menjadi menurun dalam menghafal Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Tahfidzul Qur’an en_US
dc.title PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA ISLAMIC CENTRE BIN BAZ AL- MUKARROMAH KECAMATAN PONTIANAK TENGGARA TAHUN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account