TIPOLOGI PENDIDIK ISLAM

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhtifah, Lailial
dc.contributor.advisor Surianto
dc.contributor.author HANAFI, IRFAN
dc.date.accessioned 2022-12-27T01:37:42Z
dc.date.available 2022-12-27T01:37:42Z
dc.date.issued 2021-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1923
dc.description.abstract Rasulullah bukan hanya guru dalam Islam tetapi beliau pendidik, Pendidik dalam Islam bukan hanya sebatas menyampaikan pengetahuan, tetapi yang di maksud pendidik adalah orang yang mengajarkan pengetahuan sekaligus membimbing ruhaniah, yakni bertanggung jawab terhadap hablum minannas dan hablum minallah ummat Islam, oleh karna itu menjadi seorang pendidik merupakan tugas dan tanggung jawab yang sangat berat yang tidak semua orang bisa menjadi pendidik tanpa memenuhi beberapa syarat termasuk sifat dan kepribadian seorang pendidik sebagai uswatun hasanah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan terminologi tipologi pendidik Islam menurut tinjauan hadis, 2) Mendiskripsikan tipologi kepribadian Rasulullah sebagai pendidik Islam tinjauan dari hadis-hadis, 3) Mendiskripsikan urgensi kepribadian Rasulullah sebagai pendidik Islam menurut pandangan hadis-hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif exsploratif dengan menggunakan metode Library risech. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini, yaitu hadis-hadis tentang tipologi Pendidik Islam yang dalam penelitian ini disebut sumber primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan hadis-hadis tipologi pendidik Islam. Sedangkan dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan teknis analisis isi (content analysis) dengan tahap: pengumpulan data, klasifikasi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, pemeriksaan keabsahan data menggunakan Kecukupan referensi dan evaluatif normatif Dari hasil penelitian 1) Terminologi tipologi pendidik Islam ditemukan 2 aspek. Pertama, menurut tipologi pendidikan agama Islam sosok Rasulullah sebagai pendidik ideal dapat dilihat dari profil Rasulullah sebagai Murabbi, Muallim,Mudarris, Muzakki, Mursyid, Mudarris dan Mufti. Kedua, tipologi kepribadian pendidik Islam tinjauan hadis yaitu: hayyin, (rendah hati/tawadhuk) layyin (lemah lembut), qorib (dekat/pandai bergaul) dan sahlun, (memberikan kemudahan). 2) Tipologi kepribadian pendidik Islam menurut hadis-hadis yaitu memiliki kepribadian hayyin, (rendah hati/tawadhuk) layyin (lemah lembut), qorib, (dekat/pandai bergaul) dan (memberikan kemudahan) empat kepribadian tipologi tersebut yang harus di miliki dan menjadi karakter pendidik Islam 3) Urgensi tipologi kepribadian pendidik Islam urgensi maksudnya adalah sesuatu yang sangat penting untuk segera melaksanakan dan menerapkan empat tipologi pendidik Islam tinjauan hadis sebagaimana telah dijelaskan di atas, apalagi di era globalisasi saat ini pendidikdi tuntut untuk selalu meningkatkan kapasitas dan kepribadian diri. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Rendah hati/tawaduk en_US
dc.subject lemah lembut en_US
dc.subject dekat/pandai bergaul en_US
dc.subject memberikan kemudahan en_US
dc.title TIPOLOGI PENDIDIK ISLAM en_US
dc.title.alternative TINJAUAN PADA HADITS NABI MUHAMMAD SAW en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account