Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran PAI dengan Tematik pada Kelas VII di SMPN 04 Kubu Raya Tahun 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Andina Nurhidayah, Vibry
dc.contributor.author Ulfizar, Hari
dc.date.accessioned 2022-12-12T07:49:53Z
dc.date.available 2022-12-12T07:49:53Z
dc.date.issued 2020-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1912
dc.description.abstract Masalah umum dalam penelitian ini ialah “Bagaimanakah cara guru PAI dalam mengimplementasiakan nilai-nilai pancasila dalam pembelajaran PAI?” Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan implementasi nilai Pancasila dalam mengembangkan pemahanam guru PAI dalam nilai-nilai Pancasila di SMP Negeri 4 Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi nilai Pancasila dalam mengembangkan sikap sosial siswa di SMP Negeri 4 Sungai Raya dilihat dari keterlaksanaan kegiatan di lokasi penelitian. Dimensi nilai Pancasila di sekolah di dukung oleh guru PAI yang telah memberikan contoh yang baik. Pentingnya memahami nilai-nilai Pancasila menjadi suatu kemutlakan agar dapat menjalankan kehidupan berkebangsaan dan bernegara yang baik. Pemahaman ini harus ditanamkan sejak dini agar nilai-nilai Pancasila masuk menjadi roh dalam setiap perilaku bangsa Indonesia dan menjadi jati diri bangsa Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subyek penelitiannya guru PAI melalui teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan perpanjangan waktu dan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini ialah: 1. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 2 sampai 5 November. Peneliti mewancarai guru Pendidikan Agama Islam tentang pemahamannya dalam implementasi nilai-nilai Pancasila pada pembalajaran Pendidikan Agama Islam, baik secara teori maupun praktik yeng sesuai dengan SILABUS dan RPP yang dipahami oleh guru PAI di SMP Negeri 4 Sungai Raya. Dari hasil wawancara kepada guru PAI di SMP Negeri 4 Sungai Raya dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai yang ada pada Pancasila ada kaitannya terhadap pembelajar PAI baik dari sila pertama sampai sila kelima. 2. Pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam terhadap nilai-nilai Pancasila ketika pelaksaam pembelajaran dikelas yang sesuai dengan Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran pada materi Pendidikan Agama Islam. 3. Berdasarkan hasil wawancara kepada bapak M. Shodiq, S.Pd ada beberapa materi Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila ialah Iman kepada Allah SWT, Akhlak terpuji, Hijrah ke Madinah, Shalat berjamaah, dan Masa Khulafaur Rasyidin. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Nilai-Nilai Pancasila en_US
dc.subject PAI en_US
dc.title Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran PAI dengan Tematik pada Kelas VII di SMPN 04 Kubu Raya Tahun 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account