DAMPAK IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN I KUBU RAYA TAHUN 2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam
dc.contributor.advisor Adi Purwoko, Arief
dc.contributor.author DWIYANA, FEBRI
dc.date.accessioned 2022-12-12T04:16:18Z
dc.date.available 2022-12-12T04:16:18Z
dc.date.issued 2021-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1910
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini disusun berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan mengeluarkan surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (Covid-19) bahwa aktivitas belajar dilaksanakan dari rumah atau pembelajaran daring dengan ketentuan dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Kebijakan ini mengakibatkan beberapa dampak pada aktivitas belajar peserta didik salah satunya aktivitas belajar tidak terealisasi dengan efektif.Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik selama pembelajaran dilaksanakan secara daring di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kubu Raya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah korelasi. Variabel dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring dan aktivitas belajar peserta didik. Populasinya adalahorang tua atau wali peserta didik kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kubu Raya yang berjumlah 69 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket. Analisis instrumen yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data. Sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis persentase data. Adapun hasil yang didapatkan daripenelitian ini adalah, 1) Implementasi pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kubu Raya menggunakan media pembelajaran dengan aplikasi whatsapp. 2) Aktivitas belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kubu Raya selama pembelajaran daring terjadi di dalam jaringan internet melalui patform aplikasi whatsapp yang dibentuk sebuah grup sebagai fasilitas antara guru dan peserta didik untuk saling berkomunikasi selama proses pembelajaran sedang berlangsung. 3)Pengaruh pembelajaran daring terhadap aktivitas belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kubu Raya tahun 2020 cenderung berdampak negatif dengan mayoritas responden sebagian besar sebanyak 53 responden (76,8%). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran Daring en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Madrasah en_US
dc.title DAMPAK IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN I KUBU RAYA TAHUN 2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account