KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAH Al-BAQARAH AYAT 30-33 STUDI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB

Show simple item record

dc.contributor.advisor MA'RUF
dc.contributor.advisor Arifudin
dc.contributor.author HUSAINI, FARHIL
dc.date.accessioned 2022-12-12T04:08:16Z
dc.date.available 2022-12-12T04:08:16Z
dc.date.issued 2022-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1909
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah bahwa konsep pendidikan Islam yaitu untuk membina manusia agar menjadi makhluk sempurna yang dapat mengemban tugasnya di bumi sebagai khalifah. Namun kenyataan yang dihadapi adalah bahwa manusia masih belum memiliki kesadaran sepenuhnya akan potensi yang dimilikinya, juga tujuan hidupnya yang memegang amanah sebagai khalifah di muka bumi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep pendidikan dan nilai-nilai pendidikan Islam dalam surah Al-Baqarah ayat 30-33 (Studi Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan pendidikan Islam yang berwawasan kemanusiaan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut M. Quraish Sihab dalam surah Al-Baqarah ayat 30-33. 2) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam menurut M. Quraish Sihab dalam surah Al-Baqarah ayat 30-33. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif exsploratif dengan menggunakan metode Library research berbasiskan tafsir. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini, yaitu surah Al-Baqarah ayat 30-33. Konsep pendidikan Islam dalam penelitian ini disebut sumber primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan ayat-ayat Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 30-33. Sedangkan dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan teknis analisis isi (content analysis) dengan tahap: pengumpulan data, klasifikasi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan Kecukupan referensi dan evaluatif normatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam surah Al-Baqarah ayat 30-33 dalam tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab mengandung nilai pendidikan tentang akhlak kepada sesama manusia dan lingkungan sekitarnya juga potensi manusia sebagai khalifah dimuka bumi dan sebagai pemimpin dibumi punya peranan yang sangat penting, juga konsep pendidikan mengenai akidah tentang kepercayaan kepada Allah, tentang penciptaan manusia dari tanah dan dijadikan khalifah dimuka bumi. Kemudian nilai-nilai pendidikan dalam surah Al-Baqarah ayat 30-33 mengenai materi-materi pendidikan, juga dinamika yang kompleks dari kehidupan Adam: dari tidak tahu menjadi tahu, dari belum dihormati menjadi dihormati dan tidak dihormati, tidak bersalah menjadi bersalah dan tidak ada konflik menjadi ada konflik. Dari ilmu pengetahuan yang di dapat kan oleh Adam tentang adanya nama-nama tumbuhan yang ada di dunia menjadi salah satu ilmu pengetahuan. Penjelasan M. Quraish Shihab ia lebih menitikberatkan potensi manusia sebagai unsur, sistem tata kerja yang diciptakan Allah pada makhluk sejak awal kejadiannya sehingga menjadi bawaannya. Maka merujuk pada konsep tersebut formulasi penyusunan materi pendidikan Islam harus diarahkan pada pengembangan jiwa vdan akal menuju pada keimanan dan penghambaan kepada Allah SWT. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Nilai-nilai pendidikan en_US
dc.subject Surat Al-Baqarah en_US
dc.subject Tafsir Al-Misbah en_US
dc.title KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAH Al-BAQARAH AYAT 30-33 STUDI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account