PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PAI IAIN PONTIANAK PADA MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor KHAIRAWATI
dc.contributor.advisor RUSTANUARSI, RESTY
dc.contributor.author DIRANTIE
dc.date.accessioned 2022-12-08T14:25:55Z
dc.date.available 2022-12-08T14:25:55Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1904
dc.description.abstract Setiap mahasiswa memiliki cara yang berbeda dalam menangkap, menyerap, dan memperoleh sumber pengetahuan yang disebut dengan gaya belajar. Dengan mengenali dan mengaplikasikan gaya belajar pada saat proses pembelajaran akan lebih mudah mereka untuk memahami materi ajar yang telah disampaikan oleh dosen sehingga hasil belajar yang didapatkan akan signifikan. Berdasarkan hasil observasi awal dengan mahasiswa Prodi PAI pada mata kuliah psikologi pendidikan tahun akademik 2018/2019 telah tampak gaya belajar mahasiswa yang beragam yaitu; visual, auditori, dan kinestetik. Namun, mereka masih belum juga memahami gaya belajarnya masing-masing dan pada mata kuliah psikologi pendidikan tahun akademik 2018/2019 pada saat perkuliahaan dosen tidak menyesuaikan antara cara mengajarnya dengan gaya belajar yang dimiliki setiap mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gaya belajar mahasiswa 2) Hasil belajar mahasiswa 3) Pengaruh gaya belajar mahasiswa Prodi PAI IAIN Pontianak tahun akademik 2018/2019 terhadap hasil belajar pada mata kuliah psikologi pendidikan. Untuk mencapai tujuan penelitian maka menggunakan metode kuantitatif dengan jenis expost facto. Populasi yaitu mahasiswa semester 3 angkatan 2017 dengan jumlah 2017 yang telah memenuhi karakteristik. Instrumen yang digunakan ialah angket gaya belajar dan dokumen transkrip nilai mahasiswa. Dengan proses kerja melalui analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Melalui uji analisis yang terdiri dari normalitas, linearitas, dan uji hipotesis yaitu uji Kruskall Wallis Test menggunakan Spss 16 for windows. Dapat dipaparkan hasil data penelitian secara sistematis, factual, dan kontekstual sebagai berikut: 1) Gaya belajar mahasiswa yaitu gaya belajar visual dengan persentase 47,79%, kemudian gaya belajar auditori dengan persentase 20,59%, gaya belajar kinestetik dengan persentase 23,53%, 2) Hasil belajar pada mahasiswa menunjukkan kategori hasil belajar sangat baik lebih dominan yang berjumlah 81 mahasiswa (59,56%). Kemudian kategori baik berjumlah 55 mahasiswa (40,44%) 3) Dari hasil uji Kruskall Wallis Test bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi PAI pada mata kuliah psikologi pendidikan tahun akademik 2018/2019. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Gaya Belajar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Mata Kuliah Psikologi Pendidikan en_US
dc.title PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PAI IAIN PONTIANAK PADA MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account