PELAKSANAAN KEGIATANPEMBELAJARAN KALIGRAFI DI MADRASAH ALIYAH YASTI SINGKAWANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.advisor RAHMATULLAH, MUHAMMAD
dc.contributor.advisor RAHNANG
dc.contributor.author ANDRI, DEKI
dc.date.accessioned 2022-12-08T13:46:47Z
dc.date.available 2022-12-08T13:46:47Z
dc.date.issued 2018-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1900
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap permasalahan yang terjadi pada guru pelajaran kaligrafi Madrasah Aliyah YASTI (Yayasan Tarbiyah Islamiyah) Singkawang yang kurang berprestasi pada beberapa tahun terakhir yang dulunya sempat kaligrafi menjadi salah satu simbol dari sekolah tersebut. Dari sinilah peneliti sangat tertarik untuk meneliti dengan judul di atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan pembelajaran kaligrafi di Madrasah Aliyah YASTI Singkawang. 2) Pelaksaan pembelajaran kaligrafi di Madrasah Aliyah YASTI Singkawang. 3) Hasil pelaksanaan pembelajaran kaligrafi di Madrasah Aliyah YASTI Singkawang. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, digunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, teknik observasi non partisipan dan dokumentasi. Sedangkan langkah-langkah pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data, pengamatan terus menerus dan perpanjangan waktu penelitian. Penelitian menyimpulkan bahwa: 1)perencanaan pembelajaran kaligrafidi Madrasah Aliyah YASTI Singkawang;a) kurang memperhatikan langkah-langkah perencanaan pembelajaran, b) tujan dan manfaat perencanaan pembelajaran. 2)Pelaksanaan pembelajaran kaligrafi di Madrasah Aliyah YASTI Singkawang a) guru tidak melakukan appersepsi, kegiatan ini delakukan dengan memberikan pertanyaan kepada siswa terkait materi yang telah dipelajari, b) guru tidak melakukan pretest, c) guru tidak melakukan motivasi awal.Pada pelaksanaan pembelajaran kaligrafi pada kegiatan inti di Madrasah Aliyah YASTI Singkawang. d) siswa disuruh mengamati, e) siswa bertanya kepada guru tentang yang dipelajari, f) siswa mencoba mencari dari sumber lain, g) guru menyiapkan cobtoh lain, h) mengkomunikasikan dengan cara menyampaikan hasil dari pengamatan. Pelaksanaan pembelajaran kaligrafi pada kegiatan akhir. i) menyimpulkan materi dengan mengulang dan menyampaikan point-point penting kepada siswa dalam menyampaikan materi ini guru tidak melibatkan siswa, j) guru melakukan evaluasi dalam bentuk tulisan maupun lisan, k) guru tidak memberikan motivasi akhir. Dalam menetukan hasil pembelajaran hasil dari siswa menulis huruf hijaiyah sebelum dibimbing dan sesudah dibimbing. 3) Hasil pelaksanaan pembelajaran kaligrafi di Madrasah Aliyah YASTI Singkawang rendah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran en_US
dc.subject Kaligrafi en_US
dc.title PELAKSANAAN KEGIATANPEMBELAJARAN KALIGRAFI DI MADRASAH ALIYAH YASTI SINGKAWANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account