FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN SISTEM DALAM JARINGAN (DARING) DI MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) RAHMATAN LIL ‘ALAMIN KECAMATAN SIANTAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor DULHADI
dc.contributor.advisor SETYANINGRUM, SAUMI
dc.contributor.author DAHLIA
dc.date.accessioned 2022-12-07T15:09:41Z
dc.date.available 2022-12-07T15:09:41Z
dc.date.issued 2022-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1898
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Faktor Pendukung bagi guru dalam pembelajaran Fiqih dengan sistem Daring di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Rahmatan Lil „Alamin Kecamatan Siantan tahun 2020/2021. (2) Faktor Penghambat Pembelajaran Fiqih bagi Guru mapel Fiqih dengan sistem Daring di MAS se-Kecamatan Siantan tahun 2020/2021; (3) Solusi untuk mengatasi faktor penghambat yang dihadapi selama pembelajaran daring tahun 2020/2021. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mapel Fiqih. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner dan dokumentasi. Alatnya berupa angket dan Handphone (Hp). Teknik pengelolaan data dan analisis data menggunakan model deskriptif dengan tahapan-tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang disajikan secara utuh tentang faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Fiqih bagi guru mapel Fiqih dengan sistem dalam jaringan (Daring) di MAS se-Kecamatan Siantan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Faktor pendukung pembelajaran Fiqih itu dilihat dari kualitas guru dalam mengajar, fasilitas yang dimiliki di madrasah, kurikulum pembelajaran, sumber belajar serta teknis atau bentuk penilaian; 2) Faktor penghambat pembelajaran Fiqih ialah dilihat dari guru yang mengajar, alat-alat yang disediakan di madrasah dan lingkungannya. Penggunaan pembelajaran Daring ini sudah menjadi salah satu faktor penghambat pembelajaran karena sulit mengukur pemahaman siswa dan sulit berinteraksi dengan siswa; 3) Solusi yang diberikan oleh guru mata pelajaran Fiqih yaitu membebaskan mengirimkan tugas melalui aplikasi apa saja, untuk praktek diperbolehkan menggunakan alat-alat sendiri, serta siswa diminta membuat video secara berkelompok, kesulitan dalam penulisan soal ulangan umum guru berkoordinasi dengan kelompok kerja guru. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendukung en_US
dc.subject Penghambat en_US
dc.subject Pembelajaran Daring en_US
dc.title FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN SISTEM DALAM JARINGAN (DARING) DI MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) RAHMATAN LIL ‘ALAMIN KECAMATAN SIANTAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account