Abstract:
Tujuan dari kegiatan muhadharah ini siswa di latih untuk mengembangkan
kurikulum madrasah yaitu bakat dan minat siswa, di samping itu juga siswa dapat
berlatih untuk mengikuti lomba dan tercatat setiap tahunnya siswa mendapatkan
prestasi, tercatat ada 10 prestasi siswa MTs. Nahdlatus Syubban di bidang
muhadharah. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apa saja
tahap-tahap sebelum pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler muhadharah di MTs
Nahdlatus Syubban Pontianak. (2) Bagaimana metode pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler muhadharah di MTs Nahdlatus Syubban Pontianak. Dan (3) Apa saja
faktor pendukung dan pengahambat dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
muhadharah di MTs Nahdlatus Syubban Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di MTs Nahdlatus Syubban
Pontianak Barat tahun pelajaran 2020/2021. Untuk memperoleh data, peneliti
memilih teknik wawancara, diperkuat oleh obsevasi dan dokumentasi. Untuk teknik
analisi data peneliti menggunakan tiga teknik : reduksi data, display data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi data. Sedangkan teknik penarikan atau pemeriksaan
keabsahan data yang digunakan adalah triangulisi data dan member chek.
Dari hasil paparan dan pembahasan, peneliti dapat menyimpulkan berikut ini :
(1) Tahap-tahap sebelum pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler muhadharah di MTs
Nahdlatus Syubban pertama menentukan tema, memberi naskah pidato, dan membagi
tugas. Begitu juga siswa turut mempersiapkan alat-alat yang di butuhkan seperti
sound system, mikrofon, dan alat musik. (2) Metode pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler muhadharah di MTs Nahdlatus Syubban pertama pembacaan ayat
suci Al Qur’a, sambutan, sholawat, pidato, motivasi pembimbing dan penutup.
Pemateri memperkenalkan diri menentukan tema, penyampaian isi dan kesimpulan.
Dan (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
muhadharah di MTs Nahdlatus Syubban adalah pertama dukungan dari lembaga,
sarana dan prasarana. Hambatannya yaitu kurangnya penghafalan teks pidato dan
Kurangnya percaya diri.