Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya guru dalam meningkatkan kemampuan
membaca anak usia 5-6 Tahun di TK Mujahidin. Guru meningkatkan kemampun membaca
pada anak dengan media yang tepat yaitu media buku cerita.
Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)
Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK
Mujahidin I Pontianak. (2) Metode guru dalam meningkatkan kemampuan membaca anak
usia 5-6 tahun di TK Mujahidin I Pontianak (3) Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam
meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Mujahidin I Pontianak (4)
Media yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun
di TK Mujahidin I Pontianak.
Adapun metode penelitian yang digunakan dilihat dari jenis penelitiannya adalah
penelitian kualitatif, serta dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan wawancara
dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data tertulis atau lisan dari orang atau pelaku yang
diamati sehingga dalam hal ini penulis mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan
secara keseluruhan tentang kesdaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian yang dilakukan di TK Mujahidin I Pontianak menunjukkan bahwa
guru di kelas B2 TK Mujahidin I Pontianak mengajar dengan menggunakan berbagai strategi
dan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode bernyanyi, bercerita, bermain,
praktik langsung, pemberian tugas sehingga peserta didik tidak bosan dan jenuh dalam proses
pembelajaran berlangsung.