MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TANGRAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MAS’UDI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Zulkarnain
dc.contributor.author WAHDATIN HAFIZHAH, SYARIFAH
dc.date.accessioned 2022-11-16T06:46:51Z
dc.date.available 2022-11-16T06:46:51Z
dc.date.issued 2021-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1744
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi serta menganalisis tentang: 1) Kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di RA Mas’udi Pontianak sebelum menggunakan Permainan Tangram. 2) Kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun setelah menggunakan Permainan Tangram. 3) Signifikan peningkatan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun setelah menggunakan Permainan Tangram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelompok B Raudhatul Athfal Mas’udi Pontianak yang berjumlah 15 anak. Untuk mendapatkan data penelitian menggunakan observasi, pengukuran, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif sebelum dan sesudah pada setiap siklus terdapat peningkatan. Pada pra tindakan adapun hasil tiga aspek yang diamati yaitu aspek mengidentifikasi sebesar 40%, aspek membedakan sebesar 53,33%, dan aspek menentukan sebesar 20%. Sedangkan, pada siklus I persentase pemahaman anak meningkat adapun hasil tiga aspek yang diamati yaitu aspek mengidentifikasi meningkat menjadi 66,67%, aspek membedakan meningkat mejadi 60%, dan aspek menentukan meningkat menjadi 33,33% dan untuk siklus II peningkatannya menjadi 93,33% pada aspek mengidentifikasi, persentase meningkat menjadi 86,67% pada aspek membedakan, dan menjadi 80% pada aspek menentukan. Adapun total persentase keseluruhan aspek dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II yaitu sebesar 37,77%, 53,33%, dan 86,67%. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di RA Mas’udi Pontianak mengalami peningkatan secara signifikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kemampuan Kognitif en_US
dc.subject Materi Geometri Datar en_US
dc.subject Permainan Tangram en_US
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TANGRAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MAS’UDI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account