Abstract:
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendeskripsikan peningkatan kemampuan sosial aspek kerjasama anak usia 5-6
tahun di RA Mas’udi tahun pelajaran 2021/2022 sebelum dan setelah
menggunakan metode sosiodrama.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan di kelas B1 RA Mas’udi Pontianak. Penelitian ini terdiri dari dua
siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Langkah-
langkah dalam pelaksanaannya yaitu; 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3)
pengamatan; 4) refleksi.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan
dokumentasi. Penganalisisan data yang di lakukan secara deskriptif dengan teknik
persentase. Data yang didapat merupakan data dari subjek penelitian yang terdiri
dari dua orang guru dan 13 siswa.
Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut; Kemampuan sosial aspek
kerjasama anak usia 5-6 tahun di RA Mas’udi Pontianak sebelum menggunakan
metode sosiodrama adalah jumlah rata-rata 74 dengan persentase 43% pada tahap
pra-siklus. Kemampuan sosial aspek kerjasama anak usia 5-6 tahun di RA
Mas’udi Pontianak setelah menggunakan metode sosiodrama adalah jumlah rata-
rata 105 dengan persentase 62% pada tahap siklus I, dan jumlah rata-rata 119
dengan persentase 70% pada siklus II. Terjadi peningkatan kemampuan sosial
aspek kerjasama pada anak usia 5-6 tahun di RA Mas’udi Pontianak dengan
perbandingan persentase 43% pada tahap pra-siklus, 62% pada siklus I dan 70%
pada tahap siklus II.