Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengenalan Pramuka
Prasiaga untuk anak usia dini dalam kegiatan ekstrakulikuler pramuka di TK
Islamiyah Pontianak: 2) Cara guru melaksanaan kegiatan ekstrakulikuler Pramuka
Prasiaga di TK Islamiyah Pontianak: 3) Kendala yang dihadapi guru dalam
pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler Pramuka Prasiaga di TK Islamiyah .
Penelitian ini menggunakan pendekataan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data primer dalam penelitian ini ada 3 orang guru yang merupakan Kepala
Sekolah, Pembina Pramuka, dan Guru Kelas. Sumber data sekunder dari penelitian
ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dan foto-foto pelaksanaan
ekstrakulikuler Pramuka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam
penelitian ini mengadopsi model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan
data, redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan ekstrakulikuler
pramuka di TK Islamiyah Pontianak: 1) Pengenalan Pramuka Prasiaga pada anak
usia dini yaitu dibuat dengan sesederhana mungkin. Misalnya pengenalan pramuka
dilakukan dengan mengajarkan anak bertepuk pramuka, mengenal warna seragam
pramuka, lambang pramuka, dan bernyanyi lagu kepramukaan. 2) Cara guru
melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler Pramuka Prasiaga di TK Islamiyah
Pontianak yaitu melalui berbagai kegiatan seperti penjelajahan yang disusun
khusus anak usia dini, kegiatan permainan tradisional dan permainan estafet, dan
melalui kegiatan family day dari kegiatan tersebut dapat membantu menstimulus
perkembangan pada anak. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanan
kegiatan ekstrakulikuler Pramuka Prasiaga yaitu kurangnya guru yang memiliki
keahlian dalam bidang Pramuka Prasiaga sehingga harus mengikuti pelatihan,
kendala selanjutnya yaitu kendala dilapangan atau cuaca yang sering berubah saat
pelaksanaan Ekstrakulikuler Pramuka.