PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI RAUDHATUL ATHFAL AL-MAARIF TARBIYATUSSHIBYAN SUNGAI KUNYIT HULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author HAULAH, RASIDATUL
dc.date.accessioned 2022-11-15T11:03:07Z
dc.date.available 2022-11-15T11:03:07Z
dc.date.issued 2020-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1736
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di RA Al-Maarif Tarbiyatusshibyan Sungai Kunyit Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di RA Al-Ma’arif Tarbiyatusshibyan Sungai Kunyit Hulu 2) Mendeskripsikan keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun sebelum menggunakan metode bermain peran di RA Al-Ma’arif Tarbiyatusshibyan Sungai Kunyit Hulu 3) Mendeskripsikan keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun setelah menggunakan metode bermain peran di RA Al-Ma’arif Tarbiyatusshibyan sungai kunyit Hulu 4) Mendeskripsikan apakah terjadi peningkatan keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun setelah menggunakan metode bermain peran di RA Al-Ma’arif Tarbiyatusshibyan Sungai Kunyit Hulu. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat komponen yaitu: tahap perencanaan (Planning), tahap pelaksanaan (Acting), tahap pengamatan (Observing), dan tahap refleksi (Reflekting). Tehnik pengunpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan pengukuran. Kemudian data analisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rumus persntase. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) penerapan metode bermain peran di RA Al-Maarif adalah membacakan alur cerita dan mengenalkan tokoh cerita, melaksanakan kegiatan bermain peran sesuai dengan peran yang dimainkan, melakukan tanya jawab dan evaluasi. 2) keterampilan berbicara sebelum menggunakan metode bermain peran 30,56% pada kategori kurang. 3) keterampilan berbicara setelah menggunakan metode bermain peran 86,11% kategori sangat baik. 4) meningkat setelah menggunakan metode bermain peran dengan perbandingan 30,56% kategori kurang pada pra siklus, 55.25% kategori cukup pada siklus I dan 86,11% kategori sangat baik pada siklus II. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara en_US
dc.subject Metode Bermain Peran en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI RAUDHATUL ATHFAL AL-MAARIF TARBIYATUSSHIBYAN SUNGAI KUNYIT HULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account