PERAN GURU PENDAMPING DALAM PROSES PEMBELAJARAN KELAS A2 DI TK ISLAM HARAPAN INDAH KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sapendi
dc.contributor.advisor Rahnang
dc.contributor.author INDAH
dc.date.accessioned 2022-11-15T07:04:19Z
dc.date.available 2022-11-15T07:04:19Z
dc.date.issued 2020-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1732
dc.description.abstract Guru pendamping merupakan guru yang memiliki pengetahuan yang membantu atau bekerjasama dengan guru kelas dalam menciptakan pembelajaran yang efektif.Sebagai guru anak usia dini, penting untuk bisa membantu setiap siswa di dalam kelas supaya dapat mencapai potensi mereka dengan penuh arahan dan bimbingan yang tepat sesuai dengan perkembangan anak Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai: (1) Mengetahui peran guru pendamping sebagai pengajar dalam proses pembelajaran Kelas A2 di TK Islam Harapan Indah Kota Pontianak. (2) Mengetahui peran guru pendamping sebagai pembimbing dalam proses pembelajaran Kelas A2 di TK Islam Harapan Indah Kota Pontianak. (3) Mengetahui peran guru pendamping sebagai motivator dalam proses pembelajaran Kelas A2 di TK Islam Harapan Indah Kota Pontianak. (4) Mengetahui peran guru pendamping sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran Kelas A2 di TK Islam Harapan Indah Kota Pontianak. (5) Mengetahui peran guru pendamping sebagai mediator dalam proses pembelajaran Kelas A2 di TK Islam Harapan Indah Kota Pontianak Metode dan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dan metodenya adalah deskriptif. Sumber data terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan sekunder. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung, dokumentasi dan wawancara terstruktur. Teknik analisis data terdiri dari 4 tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verivikasi. Dari penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa: (1) Sebagai pengajar guru pendamping hanya berperan membantu menguatkan apa yang disampaikan oleh guru kelas, sedangkan guru kelas yang menjadi guru utama di dalam kelas saat proses pembelajaran. (2) Sebagai pembimbing guru pendamping dan guru kelas mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dengan cara membuat perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan kompetensi yang hendak di capai (3) Sebagai motivator mendorong motivasi belajar anak. Motivasi dapat efektif bila dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan anak. (4) Sebagai fasilitator membuat program pembelajaran yang aktif, edukatif, kreatif dan menyenangkan agar anak-anak menjadi senang dan semangat untuk belajar. (5) Sebagai mediator guru pendamping dan guru kelas mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran dalam berbagai bentuk dan jenisnya. Guru pendamping menyediakan bahan dan alat media yang akan digunakan guru kelas saat proses pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Peran Guru Pendamping en_US
dc.subject Proses Pembelajaran en_US
dc.title PERAN GURU PENDAMPING DALAM PROSES PEMBELAJARAN KELAS A2 DI TK ISLAM HARAPAN INDAH KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account