PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT CABANG PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sari, Nurma
dc.contributor.advisor Helvira, Reni
dc.contributor.author ZAIRINA
dc.date.accessioned 2022-11-11T03:07:01Z
dc.date.available 2022-11-11T03:07:01Z
dc.date.issued 2020-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1717
dc.description.abstract Pelayanan customer service mesti menunjukkan komunikasi yang seutuhnya dari seorang pegawai bank kepada nasabahnya. Pelayanan yang di lakukan dengan sikap menolong, ramah, dan professional serta memberikan kepuasan pada nasabah agar nasabah tersebut dating kembali untuk tetap menggunakan produk yang ada di lembaga perbankan. Pelayanan kepada nasabah yang bermutu menuntut adanya upaya dari keseluruhan karyawan baik yang bertugas di front office maupun yang bertugas di back office. Bank Muamalat Cabang Pontianak adalah salah satu bank yang dalam menjalankan kegiatan usahanya selalu mengutamakan kepuasan nasabah di antaranya dengan melayani masyarakat yang akan menabung dan juga memberikan fasilitas dengan produk yang dibutuhkan masyararakat terutama pembiayaan dan nasabah penabung. Keberadaan customer service dalam hal ini sangat menjadi perhatian bagi Bank Muamalat Cabang Pontianak guna memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya dan hal ini terkait dengan loyalitas nasaba. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Sumber data yang digunakan, Customer servis Bank Muamalat Cabang Pontianak. sedangkan data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah menjadi tolak ukur keberhasilan layanan yang diberikan oleh pihak bank dengan para nasabahnya. Customer Service memiliki peran penting dalam melayani dan menjaga loyalitas nasabah dengen memberikan pelayanan terbaik dan maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan kinerja Customer Service yang melayani dengan penuh simpatik, sopan, ramah dan mementingkan kepuasan nasabah dalam bertransaksi dengan pihak bank. Loyalitas nasabah kepada Bank Muamalat Cabang Pontianak sangat baik, hal ini terlihat dari kepuasan yang mereka dapatkan saat bertransaksi dan menggunakan produk di bank Muamalat Cabang Pontianak. Hal lainnya ditunjukkan pula dengan jawaban para nasabah yang menyatakan bahwa mereka menyimpan sebagian uang tabungannya hamper sebagian besar di Bank Muamalat Cabang Pontianak dan tetap menjadi nasabah yang setia menggunakan produk di bank Muamalat Cabang Pontianak en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Peran Customer Service en_US
dc.subject Loyalitas Nasabah en_US
dc.title PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT CABANG PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account