Abstract:
Bank
syariah adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip
syariah yaitu aturan perjanjian berdasarkan hukum islam(Al-Qur’an dan Hadist).
Service Ritual merupakan upaya peningkatan kualitas layanan yang dilakukan
oleh frontliner Bank Muamalat untuk memastikan kesiapan sebelum melayani
nasabah. Disamping membangun budaya melayani, juga sekaligus memitigasi
potensi fraud dan kesalahan data. Kualitas layanan adalah aspek terpenting dalam
industri jasa, termasuk industri perbankan.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh Tangible
(wujud fisik) terhadap kepuasan nasabah Pontianak. (2) Untuk mengetahui
pengaruh Reliability (kehandalan) terhadap Kepuasan nasabah. (3) Untuk
mengetahui pengaruh Responsiveness (daya tanggap) terhadap kepuasan nasabah.
(4) Untuk mengetahui pengaruh Assurance (jaminan) terhadap kepuasan nasabah.
(5) Untuk mengetahui pengaruh Empathy (kepedulian) terhadap kepuasan
nasabah. (6) Untuk menguji dan menaganalisis pengaruh Tangible, Reliability,
Responsiveness, Assurance, Empathy terhadap kepuasan nasabah. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik
komunikasi tidak langsung dengan alat berupa angket/kuisioner. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Muamalat Pontianak sebanyak 6.012,
dengan sampel sebanyak 94 nasabah.
Hasil uji validitas dan reliabilitas variabel Tangible, Reliability,
Responsiveness, Assurance dan Empathy sebagai variabel bebas dan kepuasan
nasabah sebagai variabel terikat telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Hasil Uji normalitas variabel Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance
dan Empathy sebagai variabel bebas maupun kepuasan nasabah sebagai variabel
terikat menunjukkan bahwa data distribusi normal. Persamaan atau estimasi
regresi berdasarkan hasil pengolahan data adalah : Y=15.192+0,327 X1 +0,0222
X2 +0,086 X3 -0,086 X4 +0,460 X5.
Hasil uji F variabel independent memiliki pengaruh trehadap variabel
dependen. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000 yang
lebih kecil dari 0,05. berdasarkan hasil ui t (uji parsial) Tangible, Reliability,
Responsiveness, dan Empathy berpengaruh secara positif terhadap kepuasan
nasabah. Assurance berpengaruh negatif terhadap kepuasan nasabah.