ANALISIS PENGARUH PEMBERLAKUAN DAFTAR ULANG MELALUI EDUPAY BSM DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP PREFERENSI MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH IAIN PONTIANAK ANGKATAN TAHUN 2017 MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Azimi, Aulia
dc.contributor.advisor Widiati, Ari
dc.contributor.author OKTARI ANGGRAINI, DYAH
dc.date.accessioned 2022-11-02T02:38:20Z
dc.date.available 2022-11-02T02:38:20Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/handle/123456789/1630
dc.description.abstract Untuk dapat maju dan berkembang dengan pesat, masing-masing industri perbankan harus memiliki keunggulan kompetitif, salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan memberikan layanan yang baik. Layanan yang baik ini dilakukan bertujuan agar semakin banyak konsumen (nasabah) yang tertarik untuk menggunakan jasa perusahan. BPI (BSM Pembayaran Intitusi) Edupay merupakan jasa layanan perbankan yang disediakan oleh Bank Syriah Mandiri agar mempermudah institusi yang memiliki pelanggan banyak untuk menerima pembayaran dari pelanggannya. Selain mempermudah, dengan adanya kerja sama dengan pihak institut untuk memberlakukan dan mewajibkan mahasiswanya daftar ulang dengan layanan BPI Edupay akan mempengaruhi preferensi nasabah atau pelanggan intitusi untuk menabung di BSM. Selain itu, tingkat pengetahuan mahasiswa terhadap produk dan fitur juga bisa menjadi faktor pendukung. Mahasiswa pasti ingin mempraktekkan atau mengetahui apakah teori pengetahuan yang dimiliki benar seperti prakteknya. Itulah mengapa pengetahuan juga bisa dikatakan salah satu preferensi mahasiswa menabung di BSM syariah. Penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bermaksud membuat ‘penawanan’ secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu, penelitian ini sering disebut dengan penelitian survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengambilan sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Jadi sampel yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Perbankan Syariah angkatan 2017 yang menabung di Bank Syariah Mandiri yang berjumlah 32 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan xialah teknik komunikasi tidak langsung dengan alat berupa angket/kuesioner. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan bantuan SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung varibel pemberlakuan daftar ulang melalui Edupay BSM (X 1 ) sebesar 3,293 dengan signifikansi 0,003 < 0,05 maka H 0 ditolak. Artinya secara parsial pemberlakuan daftar ulang melalui Edupay BSM berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi mahasiswa IAIN Pontianak angkatan 2017 menabung di BSM. Kemudian nilai t hitung variabel product knowledge (X 2 ) sebesar 2,186 dengan signifikansi 0,037 < 0,05 maka H 0 ditolak. Artinya secara parsial product knowledge berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi mahasiswa IAIN Pontianak angkatan 2017 menabung di BSM. Sedangkan nilai f hitung sebesar 10,646 dengan signifikansi 0,000< 0,05 maka H 0 ditolak. Artinya secara simultan pemberlakuan daftar ulang melalui Edupay BSM dan product knowledge berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi mahasiswa menabung di BSM. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengaruh Pemberlakuan Daftar Ulang en_US
dc.subject Product Knowledge en_US
dc.subject Preferensi Menabung en_US
dc.title ANALISIS PENGARUH PEMBERLAKUAN DAFTAR ULANG MELALUI EDUPAY BSM DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP PREFERENSI MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH IAIN PONTIANAK ANGKATAN TAHUN 2017 MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account