PENGARUH PENGETAHUAN DAN MINAT PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PREFERENSI PRODUK PEMBIAYAAN MUSYARAKAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ariza, Anggitia
dc.contributor.advisor Bahtiar, Eko
dc.contributor.author ALAWIYAH, TUTI
dc.date.accessioned 2022-11-01T02:20:08Z
dc.date.available 2022-11-01T02:20:08Z
dc.date.issued 2021-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/handle/123456789/1619
dc.description.abstract Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang lebih dikenal dengan istilah UMKM telah berhasil memberikan sumbangan yang signifikan terhadap perkembangan perekonomian di Indonesia. Perbankan syariah menjadi salah satu pilihan untuk mengakomodasi pembiayaan UMKM yang terus berkembang tersebut. Sejalan dengan perkembangan perbankan syariah yang relatif baru di Indonesia, pembiayaan syariah dengan segala jenis akad dan karakteristiknya masih belum dipahami dengan baik oleh masyarakat, dan bahkan oleh pegawai dan pejabat bank syariah sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan pelaku UMKM tentang perbankan syariah terhadap preferensi produk pembiayaan musyarakah, untuk mengetahui pengaruh minat pelaku UMKM tentang perbankan syariah terhadap preferensi produk pembiayaan musyarakah dan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan minat pelaku UMKM tentang perbankan syariah terhadap preferensi produk pembiayaan musyarakah. Metode yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelaku UMKM Kota Pontianak. Penentuan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden. Uji instrument yang digunakan yaitu validitas dan reliabilitas. Kemudian data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, uji regresi linear berganda, pengujian hipotesis (uji koefisien determinasi, uji t atau parsial dan uji f atau simultan). Hasil penelitian berdasarkan pengujian secara parsial menunjukkan nilai t hitung variabel pengetahuan sebesar 6.574 yang artinya t hitung > t tabel (6.574>1.991) dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05 dan untuk nilai t hitung variabel minat sebesar 6.366 yang artinya t hitung > t tabel (6.366>1.991) dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial Ho ditolak sedangkan Ha diterima, yang artinya variabel pengetahuan (X1) dan variabel minat (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel preferensi produk pembiayaan musyarakah (Y) di Bank Syariah. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel pengetahuan (X1) dan variabel minat (X2) dapat mempengaruhi variabel preferensi (Y) sebesar 74,9% sedangkan besarnya variabel- variabel terhadap variabel preferensi (Y) sebesar 25,1%. Berdasarkan uji f atau pengujian secara simultan f tabel sebesar 3,15 ditunjukkan bahwa f hitung sebesar 133.766>3,15 dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 yang berarti variabel pengetahuan dan minat berpengaruh secara simultan terhadap preferensi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengetahuan en_US
dc.subject Minat en_US
dc.subject Preferensi en_US
dc.title PENGARUH PENGETAHUAN DAN MINAT PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PREFERENSI PRODUK PEMBIAYAAN MUSYARAKAH en_US
dc.title.alternative STUDI KASUS: PELAKU UMKM KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account