Abstract:
Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang lebih dikenal dengan istilah UMKM
telah berhasil memberikan sumbangan yang signifikan terhadap perkembangan
perekonomian di Indonesia. Perbankan syariah menjadi salah satu pilihan untuk
mengakomodasi pembiayaan UMKM yang terus berkembang tersebut. Sejalan
dengan perkembangan perbankan syariah yang relatif baru di Indonesia,
pembiayaan syariah dengan segala jenis akad dan karakteristiknya masih belum
dipahami dengan baik oleh masyarakat, dan bahkan oleh pegawai dan pejabat bank
syariah sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan pelaku UMKM
tentang perbankan syariah terhadap preferensi produk pembiayaan musyarakah,
untuk mengetahui pengaruh minat pelaku UMKM tentang perbankan syariah
terhadap preferensi produk pembiayaan musyarakah dan untuk mengetahui
pengaruh pengetahuan dan minat pelaku UMKM tentang perbankan syariah
terhadap preferensi produk pembiayaan musyarakah.
Metode yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis
penelitian ini adalah penelitian survey. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelaku UMKM Kota Pontianak.
Penentuan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden. Uji instrument yang
digunakan yaitu validitas dan reliabilitas. Kemudian data dianalisis menggunakan
uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, uji regresi
linear berganda, pengujian hipotesis (uji koefisien determinasi, uji t atau parsial dan
uji f atau simultan).
Hasil penelitian berdasarkan pengujian secara parsial menunjukkan nilai t hitung
variabel pengetahuan sebesar 6.574 yang artinya t hitung > t tabel (6.574>1.991)
dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05 dan untuk nilai t hitung variabel minat sebesar
6.366 yang artinya t hitung > t tabel (6.366>1.991) dengan tingkat signifikansi
0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial Ho ditolak
sedangkan Ha diterima, yang artinya variabel pengetahuan (X1) dan variabel minat
(X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel preferensi produk
pembiayaan musyarakah (Y) di Bank Syariah. Uji koefisien determinasi
menunjukkan bahwa variabel pengetahuan (X1) dan variabel minat (X2) dapat
mempengaruhi variabel preferensi (Y) sebesar 74,9% sedangkan besarnya variabel-
variabel terhadap variabel preferensi (Y) sebesar 25,1%. Berdasarkan uji f atau
pengujian secara simultan f tabel sebesar 3,15 ditunjukkan bahwa f hitung sebesar
133.766>3,15 dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 yang berarti variabel
pengetahuan dan minat berpengaruh secara simultan terhadap preferensi.