Abstract:
Produk dan pelayanan merupakan sarana yang strategis untuk menarik dan
mempertahankan nasabahnya. Jika pelayanan dan produk yang ditawarkan
membuat nasabah nyaman dan menarik maka nasabah akan dengan mudah
percaya untuk melakukan transaksi menabung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial serta
simultan dari produk dan pelayanan terhadap keputusan nasabah menabung di
Bank Kalbar Syariah cabang Pontianak.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan dengan
pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive
sampling dalam pertimbang yaitu nasabah yang aktif menabung. Dan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adala 99 nasabah aktif yang menabung di Bank
Kalbar Syariah cabang Pontianak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan
data adalah dengan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat berupa
angket/kuesioner. Sedangkan untuk menganalisis data penelitian menggunakan
bantuan SPSS versi 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung Produk (X 1 ) sebesar
2,663 dengan signifikansi 0,009 < 0,05 maka H 0 ditolak dan H a diterima. Artinya
terdapat pengaruh positif signifikansi secara individu (parsial) antara variabel
Produk dengan Keputusan nasabah menabung di Bank Kalbar Syariah. Sedangkan
nilai t hitung untuk Pelayanan (X 2 ) sebesar 14,131 dengan signifikansi 0,000 <
0,05 maka H 0 ditolak dan H a diterima. Artinya terdapat pengaruh positif
signifikansi secara individu (parsial) antara variabel Produk dengan Keputusan
nasabah menabung di Bank Kalbar Syariah. Dimana kedua variabel ini
berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan nasabah menabung di
Bank Kalbar Syariah cabang Pontianak. Pengaruh Produk dan Pelayanan juga
berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung di
Bank Kalbar Syariah cabang Pontianak dengan nilai signifikansi 0,000.