Abstract:
Latar belakang penelitian ini pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Kantor
Pemasaran Syariah Pontianak mengalami perubahan pada tingkat jumlah nasabah, bahwa
perubahan jumlah nasabah di Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Kantor Pemasaran Syariah
Pontianak bisa terjadi karena beberapa faktor yang muncul dari pihak asuransi maupun dari para
calon nasabah yang belum mengetahui Asuransi Syariah PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera
Kantor Pemasaran Syariah Pontianak. Salah satu Asuransi Syariah yang ada di Kalimantan Barat
khususnya Kota Pontianak yaitu Asuransi Syariah PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera
Kantor Pemasaran Syariah Pontianak menerapkan produk, harga, promosi, tempat, orang, bukti
fisik dan proses sebagai bauran pemasaran. Hal ini terjadi karena dengan bauran pemasaran yang
tepat membantu Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Kantor Pemasaran Syariah Pontianak untuk
bertahan dalam persaingannya dengan perusahaan asuransi lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran baik secara
simultan maupun parsial terhadap keputusan nasabah memilih asuransi syariah bumiputera
kantor pemasaran syariah Pontianak
Dalam penelitian ini, sampel yang diambil sebanyak 97 responden. Peneliti menggunakan
metode penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Teknik
Sampling Jenuh. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif responden, analisis statistik deskriptif variabel, analisis uji asumsi
klasik, regresi linier berganda, dan ujihipotesis dengan bantuan software SPSS 20.
Hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan nilai signifikansi 0,602 > 0,10 artinya bauran
pemasaran (X 1 )secara simultan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan
Nasabah Memilih Asuransi Syariah Bumiputera Kantor Pemasaran Syariah Pontianak.
Hasil uji parsial (Uji T) menunjukkan bahwa nilai signifikansi produk (X 1 ) 0,204 > 0,05
artinya produk tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah
memilih asuransi syariah bumiputera kantor pemasaran syariah Pontianak, nilai signifikan harga
(X 2 ) 0,709> 0,05 artinya hargatidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
keputusan nasabah memilih asuransi syariah bumiputera kantor pemasaran syariah Pontianak,
nilai signifikansi promosi (X 3 ) 0,003 < 0,05 artinya promoisiberpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap keputusan nasabah memilih asuransi syariah bumiputera kantor pemasaran
syariah Pontianak, nilai signifikan tempat (X 4 ) 0,002 < 0,05 artinya tempat berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah memilih asuransi syariah bumiputera kantor
pemasaran syariah Pontianak, nilai signifikan orang (X 5 ) 0,996 . 0,05 artinya tidak berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah memilih asuransi syariah bumiputera
kantor pemasaran syariah Pontianak, nilai signifikan bukti fisik (X 6 ) 0,783 > 0,05 artinya bukti
fisiktidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah memilih
asuransi syariah bumiputera kantor pemasaran syariah Pontianak, dan nilai signifikan proses (X 7 )
0,589 > 0,05 artinya prosestidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan
nasabah memilih asuransi syariah bumiputera kantor pemasaran syariah Pontianak.