STRATEGI MARKETING MIX TABUNGAN IB BAITULLAH HASANAH PT. BNI SYARIAH PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Iqbal, Ichsan
dc.contributor.advisor Azimi, Aulia
dc.contributor.author FARHANA
dc.date.accessioned 2022-10-27T15:56:11Z
dc.date.available 2022-10-27T15:56:11Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/handle/123456789/1601
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Tabungan IB Baitullah Hasanah yang merupakan salah satu produk yang dimiliki oleh PT. BNI Syariah Pontianak dijalankan dengan akad wadiah dan mudharobah. Akad wadiah merupakan prinsip simpanan murni dari pihak yang menyimpan atau menitipkan kepada pihak yang menerima titipan untuk dimanfaatkan atau tidak dimanfaatkan sesuai dengan ketentuan dan akad mudharobah merupakan akad kerja sama antara dua pihak, dimana pihak pertama menyediakan seluruh modal dan pihak lain menjadi pengelola yang keuntungannya dibagi menurut kesepakatan bersama. Tabungan IB Baitullah Hasanah tabungan yang dipergunakan sebagai sarana untuk mendapatkan kepastian porsi berangkat menunaikan ibadah haji dan umrah yang dijalankan oleh PT. BNI Syariah pontianak. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan marketing mix pada tabungan IB Baitullah Hasanah PT. BNI Syariah Pontianak. 2) Untuk mengetahui hambatan yang terjadi dalam menerapkan strategi marketing mix pada tabungan IB Baitullah Hasanah PT. BNI Syariah Pontianak. 3) Untuk mengetahui solusi menghadapi hambatan dalam menerapkan strategi marketing mix pada tabungan IB Baitullah Hasanah PT. BNI Syariah Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Pak Gihon dan Ibu Fina sedangkan triangulasi dari penelitian ini adalah Ibu Yuli. Dari hasil penelitian tersebut didapatlah hasil kesimpulan penelitian ini, yaitu 1) penerapan strategi marketing mix pada tabungan IB Baitullah Hasanah PT. BNI Syariah Pontianak menggunakan Strategi Marketing Mix (bauran pemasaran) dengan variabel product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), process (proses), people (orang), physical evidence (bukti fisik). Strategi tersebut digunakan untuk memasarkan produknya kepada nasabah khususnya instansi-instansi seperti kerja sama dengan travel Haji dan Umrah. 2) hambatan yang terjadi dalam menerapkan strategi marketing mix pada tabungan IB Baitullah Hasanah PT. BNI Syariah Pontianak adalah kurangmya pengetahuan masyarakat mengenai tabungan berbasis syariah, kurangnya kesadaran akan untuk memiliki Tabungan Haji dan Umrah dan banyaknya pesaing dari bank syariah serta bank konvensional lainnya yang menjalankan Tabungan Ib baitullah hasanah. 3) solusi untuk menghadapi hambatan dalam menerapkan strategi marketing mix pada tabungan IB Baitullah Hasanah PT. BNI Syariah Pontianak adalah tetap berikan layanan yang terbaik dan memperbanyak SDM (sumber daya manusia) untuk memasarkan produk. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Marketing Mix en_US
dc.subject Tabungan IB Baitullah Hasanah en_US
dc.title STRATEGI MARKETING MIX TABUNGAN IB BAITULLAH HASANAH PT. BNI SYARIAH PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account