Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa jumlah nasabah Bank Muamalat
Cabang Pontianak dari tahun 2014-2018, dimana di tahun 2016 paling tinggi
mengalami kenaikan, di tahun 2017 mengalami penurunan, di tahun 2018
mengalami kenaikan. Di tahun 2017 mengalami penurunan -10.30% disebabkan
kurangnya promosi dari pihak Bank Muamalat Cabang Pontianak tersebut. Tujuan
penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kepercayaaan berpengaruh terhadap
loyalitas nasabah Bank Muamalat Pontianak, 2) untuk mengetahui kepercayaan
berpengaruh terhadap brand image Bank Muamalat Pontianak, 3) untuk
mengetahui brand image berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat
Pontianak, dan 4) untuk mengetahui pengaruh brand image dapat memediasi
pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Pontianak dengan sampel
sebanyak 100 nasabah. Teknik pengumpul data menggunakan angket, wawancara
dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian menggunakan analisis
WardPLS.
Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Kepercayaan tidak mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Pontianak,
2) Kepercayaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap brand image
Bank Muamalat Pontianak, 3) Brand image mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Pontianak dan 4) Brand image
sebagai variabel intervening dapat memediasi pengaruh kepercayaan terhadap
loyalitas nasabah Bank Muamalat Pontianak.