Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana
memanfaatkan media sosial untuk menabung di bank syariah. 2) untuk
mengetahui bagaimana masyarakat mencari informasi tentang bank
syariah melalui media sosial. 3) untuk mengetahui apa saja kendala
yang dialami masyarakat untuk menabung di bank syariah
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif
melalui pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data yang
berhubungan dengan fokus penelitian, peneliti menggunakan teknik
komunikasi langsung dengan alat pedoman wawancara, observasi dan
teknik dokumentasi sebagai alat pengumpulan data.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) masyarakat muda banyak yang menggunakan
media sosial tetapi tidak banyak yang mengikuti laman resmi milik
bank syariah, meskipun begitu, media sosial memberi dampak
masyarakat untuk menabung di bank syariah. 2) masyarakat tidak selalu
mencari tau tentang perkembangan bank syariah melalui media sosial,
masih banyak dari masyarakat yang tidak terhubung dengan bank
syariah di media sosial sehingga tidak banyak masyarakat yang
mendapatkan informasi sekitar bank syariah di media sosial. 3) kendala
yang terjadi di lingkungan masyarakat selama menabung di bank
syariah yaitu: tidak banyaknya ATM yang tersebar serta jaringan dari
ATM yang terkadang gagal melakukan transaksi.