PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK BNI SYARIAH PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mandara Harahap, Rina
dc.contributor.advisor Adji Usman, Sandi
dc.contributor.author Adam Gamara, Muhammad
dc.date.accessioned 2022-10-27T02:28:38Z
dc.date.available 2022-10-27T02:28:38Z
dc.date.issued 2018-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/handle/123456789/1581
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi persaingan lembaga keuangan syariah yang dari waktu ke waktu semakin ketat, sehingga setiap perusahaan harus menciptakan strategi pemasaran yang baru untuk dapat mempertahankan dan meraih pangsa Marketing Mix yang terdiri dari produk, harga, orang, promosi, lokasi, proses, dan bukti fisik. Fokus penelitian ini mengetahui pengaruh Marketing Mix secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap minat masyarkat menabung di Bank BNI Syariah di Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan field Research. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang relevan dan akurat. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden nasabah yang kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 2018 dan analisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Analisis ini meliputi uji realibilitas, uji validitas, uji regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji T test , uji F test , serta koefisien determinasi (R ) dan uji asumsi klasik. Hasil F test menunjukkan nilia signifikan 0,000 < 0,05 artinya Marketing Mix secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menabung di Bank BNI Syariah di Pontianak. Sedangkan secara parsial dengan menggunakan hasil uji T test menunjukkan bahwa Produk dengan nilai signifikan 0,045, Harga dengan nilai signifikan 0,05, Orang dengan nilai signifikan 0,046, Proses dengan nilai signifikan 0,002, dan Bukti Fisik dengan nilai 0,014 berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menabung di Bank BNI Syariah. Sedangkan variabel Promosi dengan nilai signifikan 0,053 dan variabel Lokasi dengan nilai signifikan 0,057 tidak berpengaruh yang signifikan dikarenkan lebih besar dari 0,05 terhadap minat menabung masyarakat di Bank BNI Syariah di Pontianak. Dari hasil penelitian ini, variabel yang paling dominan mempengaruhi minat masyarakat menabung di Bank BNI Syariah dilihat dari hasil uji regresi linier berganda koefisien variabel harga sebesar 0,407 lebih besar dari variabel lain yang hanya produk (0,323), lokasi (0,247), promosi (0,179), orang (0,089), bukti fisik (0,280), dan proses (0,393). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Marketing Mix en_US
dc.subject Minat Masyarakat Menabung en_US
dc.title PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK BNI SYARIAH PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account