Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakang dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat
untuk mememiliki emas melalui pembiayaan bank Pembiayaan cicil emas di Bank
Syariah Indonesia adalah pembiayaan kepemilikan emas dengan akad murabahah
dengan jaminan diikat dengan rahn (gadai) dengan berat minimal 10 gram hingga 250
gram. Cicil emas merupakan salah satu investasi yang menguntungkan terutama untuk
jangka panjang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Prosedur pembiayaan
produk cicil emas pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sungai Jawi.
2) Strategi pemasaran produk pembiayaan cicil emas pada Bank Syariah Indonesia
Kantor Cabang Pembantu Sungai Jawi ?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif dengan pendekatan
kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Tekni dan alat pengumpulan data yaitu metode angket dan studi dokumentasi.
Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data menggunakan trianggulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peniliti yaitu : 1) pembiayaan cicil emas
adalah pembiayaan yang diperuntukan bagi nasabah yang ingin memiliki emas. Dalam
bentuk logam mulia (emas batangan) dengan cara mencicil ,dengan menggunakan akad
murabahah. 2) Dalam mencapai sasaran, PT. Bank Syariah Indonesia KCP Sungai jawi
menggunakan Marketing Mix.