PENERAPAN SYARIAH MARKETING DALAM MENINGKATKAN NASABAH PEMBIAYAAN PRODUK MURÂBAHAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mun'im, Fathan
dc.contributor.advisor Sabirin
dc.contributor.author FITRI, MARISA
dc.date.accessioned 2022-10-26T02:22:26Z
dc.date.available 2022-10-26T02:22:26Z
dc.date.issued 2021-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/handle/123456789/1577
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk megetahui: (1) penerapan strategi marketing koperasi syariah Mitra Masyarakat dalam meningkatkan minat masyarakat Sungai Ambawang untuk menjadi nasabah pembiayaan produk murâbahah. (2) kendala dan upaya pihak koperasi syariah Mitra Masyarakat dalam meningkatkan minat nasabah Sungai Ambawang menjadi nasabah pembiayaan produk murâbahah. Jenis dalam penelitian ini adalah lteratur dengan metode penelitian deskriptif. Adapun pendekatan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data melalui triagulasi dan member check. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan strategi marketing koperasi syariah Mitra Masyarakat dalam meningkatkan minat masyarakat Sungai Ambawang untuk menjadi nasabah pembiayaan produk murâbahah, pihak koperasi mempunyai strategi tersendiri yaitu Member Get Member, melalui testimoni di media sosial Koperasi syariah, pelayanan jemput bola, diskon murâbahah. Penerapan strategi tersebut dilakukan dengan santun, beretika, jujur, tidak memaksa, tidak membeda-bedakan siapa yang akan menjadi calon anggota. Dan ini sudah sesuai dengan karakteristik iv]syariah marketing yaitu teistis (rabbâniyyah), etis (akhlâqiyyah), realistis (al- wâqi’iyyah), humanistis (al-insâniyyah). (2) Kendala yang dihadapi koperasi dalam melaksanakan strategi pemasaran untuk meningkatkan minat nasabah agar menjadi nasabah pembiayaan produk murâbahah lebih banyak pada plafonnya yang masih kecil yaitu hanya 10 juta. Sedangkan upaya pihak koperasi untuk meningkatkan minat nasabah pembiayaan produk murâbahah adalah meningkatkan aset koperasi syariah dengan cara mulai mensosialisasikan koperasi syariah kepada masyarakat ekonomi kelas menengah keatas agar bergabung menjadi anggota, kemudian sedang diupayakan tahun 2021 ini agar koperasi syariah Mitra Masyarakat sudah bisa menerapkan pelayanan berbasis IT. Jadi bukan lagi manual pembukuannya tapi sudah bisa pelayanan dengan fintech, pihak koperasi syariah sedang mengajukan permohonan untuk menambah modal dari pihak ketiga. Misalnya yang sedang di upayakan adalah dengan akses modal lewat Lembaga Pinjaman Dana Bergulir (LPDB). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Penerapan Syariah Marketing en_US
dc.subject Pembiyaan Murâbahah en_US
dc.title PENERAPAN SYARIAH MARKETING DALAM MENINGKATKAN NASABAH PEMBIAYAAN PRODUK MURÂBAHAH en_US
dc.title.alternative Studi Pada Koperasi Syariah Mitra Masyarakat Sungai Ambawang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account