Abstract:
PT. Bank Kalbar Syariah adalah salah satu perbankan syariah di Indonesia yang
memiliki prestasi sangat baik dalam Info Bank Syariah Finance Award. PT. Bank Kalbar
Syariah tidak hanya memiliki nasabah yang beragama Islam saja akan tetapi ada juga
nasabah Non Muslim seperti Kristen, Khatolik, Budha dan Hindu. Untuk mengetahui
bagaimana persepsi nasabah non muslim terhadap Bank Kalbar Syariah dapat dilihat dari
realitas keberadaan, pelayanan, dan bagi hasil sehingga menjadi daya tarik oleh nasabah Non
muslim sehingga banyak nasabah yang menggunakan jasa PT. Bank Kalbar Syariah.
Penelitian ini dilakukan untuk: (1) mengetahui realitas keberadaan PT. Bank Kalbar Syariah
di Kota Pontianak, (2) mengetahui pelayanan yang diberikan PT. Bank Kalbar kepada
nasabah, (3) mengetahui sistem bagi hasil yang diterapkan PT. Bank Kalbar Syariah di Kota
Pontianak .
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan
analisa deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara
langsung, selain itu peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan (1) sebagian besar responden mengatakan bahwa PT.
Bank Kalbar Syariah adalah salah satu bank syariah yang mempunyai daya saing tinggi,
dengan kantor pelayanan dan mesin ATM yang banyak, mudah ditemui dengan lokasi yang
strategis dan mudah dijangkau. (2) pelayanan yang didapatkan nasabah sudah baik dengan
petugas yang ramah saat berkomunikasi, fasilitas yang diberikan cukup memadai dengan
ruangan yang bersih dan tenang. (3) sebagian besar responden berpendapat sama tentang
sistem bagi hasil yang diterapkan PT. Bank Kalbar Syariah bahwa PT. Bank Kalbar Syariah
sudah menerapkan sistem bagi hasilnya dengan baik, sehingga membuat banyak nasabah
yang merasa tidak dirugikan. Tetapi masih ada nasabah yang tidak mengerti dan tidak tahu
tentang sistem bagi hasil tersebut. Mengenai sistemnya sudah sesuai dengan prinsip syariah.