Abstract:
Pelayanan, promosi, komunikasi, kepuasan pelanggan, citra bank, rintangan
untuk berpindah yang diberikan oleh BSM Cabang Singkawang akan memengaruhi
loyalitas nasabah. Semakin baik apa yang di berikan maka membuat nasabah akan
merasa puas dan loyal.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peranan pelayanan
customer service terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri (BSM)
Cabang Singkawang, (2) untuk mengetahui pengaruh promosi customer service
terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Singkawang, (3)
untuk mengetahui pengaruh komunikasi customer service terhadap loyalitas nasabah
di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Singkawang, (4) untuk mengetahui
pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri
(BSM) Cabang Singkawang, (5) untuk mengetahui pengaruh citra bank terhadap
loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Singkawang (6) untuk
mengetahui pengaruh rintangan untuk berpindah terhadap loyalitas nasabah di Bank
Syariah Mandiri (BSM) Cabang Singkawang, (7) untuk mengetahui manakah faktor
yang lebih berperan terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri (BSM)
Cabang Singkawang.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive dengan
pertimbangan yaitu mereka yang menjadi nasabah aktif di BSM Cabang Singkawang
dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 83 nasabah aktif . Teknik
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik komunikasi tidak langsung
dengan alat berupa angket/kuesioner. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti
menggunakan bantuan Program SPSS Versi 20.00 For Window.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelayanan tidak berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah BSM Cabang Singkawang karena nilai
signifikansi sebesar 0,574 > 0,05. 2) Promosi berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas nasabah BSM Cabang Singkawang karena nilai signifikansi sebesar
0,001<0,05. 3) Komunikasi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah
BSM Cabang Singkawang karena nilai signifikansi sebesar 0,574 > 0,05. 4) Kepuasan
pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah BSM Cabang
Singkawang karena nilai signifikansi sebesar 0,797 > 0,05. 5) Citra bank tidak
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah BSM Cabang Singkawang karena
nilai signifikansi sebesar 0,714 > 0,05. 7) Rintangan untuk berpindah berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah BSM Cabang Singkawang karena nilai
signifikansi sebesar 0,006 < 0,05. 8) Diantara keenam variabel diperoleh variabel
promosi yang memiliki pengaruh yang paling dominan memengaruhi loyalitas
nasabah di BSM Cabang Singkawang.