FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR KAS TANJUNG RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Iqbal, Ichsan
dc.contributor.advisor Adji Usman, Sandi
dc.contributor.author MALAYA SARI, FISQIATUL
dc.date.accessioned 2022-10-24T11:04:43Z
dc.date.available 2022-10-24T11:04:43Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/handle/123456789/1559
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini dilandasi dengan faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan mobile banking yang terjadi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Kas Tanjung Raya. Mobile banking merupakan fasilitas yang banyak digunakan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi perbankan, karena banyaknya fitur yang disediakan oleh mobile banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenyamanan, pengaruh kemudahan, pengaruh kepercayaan terhadap minat nasabah dalam memilih mobile banking pada Bank Syariah Mandiri Kantor Kas Tanjung Raya,, serta untuk mengetahui faktor mana yang dominan berpengaruh terhadap nasabah dalam menggunakan mobile banking. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pengguna mobile banking sebanyak 127 orang. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 56 orang. Adapun teknik penghimpunan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, yaitu suatu cara pengambilan sampel dimana setiap populasi tidak memiliki peluang yang sama atau teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan alat berupa angket/kuesioner. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan bantuan berupa program SPSS. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari faktor kenyamanan (X 1 ) terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking, dimana nilai signifikasinya lebih besar dari nilai alpha yakni 0,928 > 0,1 (sig > ∝). Terdapat pengaruh yang signifikan dari faktor kemudahan penggunaan (X 2 ) terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking, dimana nilai signifikasinya lebih kecil dari nilai alpha yakni 0,000 < 0,1 (sig < ∝). Terdapat pengaruh yang signifikan dari faktor kepercayaan (X 3 ) terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking, dimana nilai signifikasinya lebih kecil dari nilai alpha yakni 0,001 < 0,1 (sig < ∝). Dari pengujian determinasi (R 2 ) diperoleh nilai R Square sebesar 0,471 atau 47,1%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kemudahan penggunaan (X 2 ) dan variabel kepercayaan (X 3 ) terhadap minat nasabah (Y) yang memiliki kontribusi sebesar 47,1% dan sisanya sebesar 52,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject minat nasabah en_US
dc.subject mobile banking en_US
dc.subject kenyaman en_US
dc.subject kemudahan en_US
dc.subject kepercayaan en_US
dc.title FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR KAS TANJUNG RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account