Abstract:
Latar belakang penelitian ini dilandasi dengan faktor-faktor yang
mempengaruhi minat nasabah menggunakan mobile banking yang terjadi pada
Bank Syariah Mandiri Kantor Kas Tanjung Raya. Mobile banking merupakan
fasilitas yang banyak digunakan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan
transaksi perbankan, karena banyaknya fitur yang disediakan oleh mobile
banking.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenyamanan,
pengaruh kemudahan, pengaruh kepercayaan terhadap minat nasabah dalam
memilih mobile banking pada Bank Syariah Mandiri Kantor Kas Tanjung Raya,,
serta untuk mengetahui faktor mana yang dominan berpengaruh terhadap nasabah
dalam menggunakan mobile banking.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pengguna mobile banking
sebanyak 127 orang. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
berjumlah 56 orang. Adapun teknik penghimpunan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Purposive Sampling, yaitu suatu cara pengambilan sampel
dimana setiap populasi tidak memiliki peluang yang sama atau teknik penentuan
sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan alat berupa
angket/kuesioner. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan
bantuan berupa program SPSS.
Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tidak
terdapat pengaruh yang signifikan dari faktor kenyamanan (X 1 ) terhadap minat
nasabah menggunakan mobile banking, dimana nilai signifikasinya lebih besar
dari nilai alpha yakni 0,928 > 0,1 (sig > ∝). Terdapat pengaruh yang signifikan
dari faktor kemudahan penggunaan (X 2 ) terhadap minat nasabah menggunakan
mobile banking, dimana nilai signifikasinya lebih kecil dari nilai alpha yakni
0,000 < 0,1 (sig < ∝). Terdapat pengaruh yang signifikan dari faktor kepercayaan
(X 3 ) terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking, dimana nilai
signifikasinya lebih kecil dari nilai alpha yakni 0,001 < 0,1 (sig < ∝). Dari
pengujian determinasi (R 2 ) diperoleh nilai R Square sebesar 0,471 atau 47,1%.
Hal ini menunjukkan bahwa variabel kemudahan penggunaan (X 2 ) dan variabel
kepercayaan (X 3 ) terhadap minat nasabah (Y) yang memiliki kontribusi sebesar
47,1% dan sisanya sebesar 52,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dijelaskan dalam penelitian ini.