Abstract:
Bank termasuk lembaga keuangan yang bergerak secara langsung dalam
dunia keuangan, baik bank konvensional maupun bank syariah. Bank syariah
adalah bank yang tata cara beroperasinya mengacu kepada ketentuan Islam (Al-
Qur’an dan Hadist). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peningkatan
pangsa pasar indusstri keuangan Syariah. OJK meminta agar bank Syariah mampu
bersaing dengan bank konvensional adalah dengan memperbaiki pelayanan prima
pada nasabah (Mulya E Siregar, 2016).
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi
terhadap minat masyarakat non muslim untuk menjadi nasabah di Bank Kalbar
Syariah Pontianak. (2) Untuk mengetahui pengaruh produk terhadap minat
masyarakat non muslim untuk menjadi nasabah di Bank Kalbar Syariah
Pontianak. (3)
yang tersedia terhadap minat masyarakat non muslim untuk
menjadi nasabah di Bank Kalbar Syariah Pontianak. (4) Untuk mengetahui
pengaruh lokasi terhadap minat masyarakat non muslim untuk menjadi nasabah di
Bank Kalbar Syariah Pontianak. (5) Untuk mengetahui pengaruh bagi hasil
terhadap minat masyarakat non muslim untuk menjadi nasabah di Bank Kalbar
Syariah Pontianak. (6) Untuk mengetahui variabel yang paling dominan dalam
mempengaruhi minat masyarakat non muslim untuk menjadi nasabah di Bank
Kalbar Syariah Pontianak.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Pengmbilan sampel digunakan dengan menggunakan teknik sampling
purposive dengan pertimbangan yaitu mereka masyarakat non muslim yang
menjadi nasabah di Bank Kalbar Syariah Pontianak dan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini berjumlah 75 nasabah di Bank Kalbar Syariah Pontianak.
Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik komunikasi tidak
langsung dengan alat berupa angket/kuesioner, sedangkan untuk menganalisis
datanya peneliti menggunakan bantuan Program Eviews 9.0 tahun 2019.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel persepsi tidak
berpengaruh signifikan terhadap miant masyarakat non muslim menjadi nasabah
Bank Kalbar Syariah Pontianak karena nilai signifikansi sebesar 0,81> 0,05. 2)
Variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap miant masyarakat non
muslim menjadi nasabah Bank Kalbar Syariah Pontianak karena nilai signifikansi
sebesar 0,07 > 0,05. 3) Variabel produk tidak berpengaruh signifikan terhadap
miant masyarakat non muslim menjadi nasabah Bank Kalbar Syariah Pontianak
karena nilai signifikansi sebesar 0,09 > 0,05. 4) Variabel bagi hasil tidak
berpengaruh signifikan terhadap miant masyarakat non muslim menjadi nasabah
Bank Kalbar Syariah Pontianak karena nilai signifikansi sebesar 0,11> 0,05. 5)
Variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap miant masyarakat non muslim
menjadi nasabah Bank Kalbar Syariah Pontianak karena nilai signifikansi sebesar
0,03> 0,05. 6) Diantara ke lima variabel independen diperoleh variabel lokasi
iyang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat non
muslim yang menajdi nasabah di Bank Kalbar Syariah Pontianak.