PROSPEK ANTARA PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH MUTLAQOH DAN PRODUK TABUNGAN WADI’AH YADH- DHAMANAH DI BANK MUAMALAT PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasan, Muhammad
dc.contributor.advisor Azimi, Aulia
dc.contributor.author Raja Opu, Andi
dc.date.accessioned 2022-10-21T12:21:31Z
dc.date.available 2022-10-21T12:21:31Z
dc.date.issued 2018-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/handle/123456789/1541
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi adanya persaingan antara Bank Syari’ah dalam mendapatkan nasabah, untuk itu Bank Muamalat berkomitmen menyeimbangkan pasar rasional dan emosional dengan memanfaatkan prospek yang ada untuk menghadirkan produk yang kompetitif. Prospek tersebut dapat dilihat melalui analisis SWOT dengan kuadran IV. Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan prospek produk tabungan Mudharabah Mutlaqoh di Bank Muamalat Pontianak. 2) Mendeskripsikan prospek kedepan produk tabungan Wadiah Yadh-dhamanah di Bank Muamalat Pontianak. 3) Mendeskripsikan produk yang menunjukkan prospek lebih baik antara tabungan Mudharabah Mutlaqoh dan tabungan Wadiah Yad-dhamanah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan analisis SWOT dengan IV kuadran. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan member chek, triangulasi dan bahan referensi. Hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu: 1) Prospek produk tabungan Mudharabah Mutlaqoh di Bank Muamalat Pontianak adalah menerapkan manajemen yang tepat untuk memaksimalkan prospek guna menjadikan produk tabungan Mudharabah Mutlaqoh lebih berkualitas. Sedangkan berdasarkan analisis SWOT dengan kuadran IV prospek produk tabungan Mudharabah Mutlaqoh berada diposisi kuadran IV (negatif-negatif) yang berarti produk ini menghadapi kelemahan dan ancaman secara bersamaan sehingga diperlukan sebuah strategi yaitu strategi bertahan untuk mengantisipasi permasalahan ini agar dapat dikondikan oleh Bank Muamalat Pontianak. 2) Prospek produk tabungan Wadi’ah Yadh-dhamanah di Bank Muamalat Pontianak adalah membangun strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien dalam produk tabungan Wadi’ah Yadh-dhamanah. Sedangkan berdasarkan analisis SWOT dengan kuadran IV prospek produk tabungan Wadi’ah Yadh-dhamanah berada diposisi Kuadran I (positif-positif) yang berarti produk ini memerlukan sebuah strategi yaitu strategi agresif dengan menggunakannya akan membantu Bank Muamalat Pontianak dapat menambah kualitas produknya. 3) Produk yang menujukkan prospek lebih baik adalah produk tabungan Wadi’ah Yadh-dhamanah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Tingkat Kompetitif en_US
dc.subject Produk Tabungan Mudharabah Mutlaqoh en_US
dc.subject Produk Tabungan Wadi’ah Yadh-dhamanah en_US
dc.title PROSPEK ANTARA PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH MUTLAQOH DAN PRODUK TABUNGAN WADI’AH YADH- DHAMANAH DI BANK MUAMALAT PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account