Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya persaingan antara Bank Syari’ah dalam
mendapatkan nasabah, untuk itu Bank Muamalat berkomitmen menyeimbangkan pasar
rasional dan emosional dengan memanfaatkan prospek yang ada untuk menghadirkan
produk yang kompetitif. Prospek tersebut dapat dilihat melalui analisis SWOT dengan
kuadran IV.
Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan prospek produk tabungan
Mudharabah Mutlaqoh di Bank Muamalat Pontianak. 2) Mendeskripsikan prospek
kedepan produk tabungan Wadiah Yadh-dhamanah di Bank Muamalat Pontianak. 3)
Mendeskripsikan produk yang menunjukkan prospek lebih baik antara tabungan
Mudharabah Mutlaqoh dan tabungan Wadiah Yad-dhamanah.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data berupa
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan analisis
SWOT dengan IV kuadran. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan member
chek, triangulasi dan bahan referensi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu: 1) Prospek produk tabungan
Mudharabah Mutlaqoh di Bank Muamalat Pontianak adalah menerapkan manajemen
yang tepat untuk memaksimalkan prospek guna menjadikan produk tabungan
Mudharabah Mutlaqoh lebih berkualitas. Sedangkan berdasarkan analisis SWOT dengan
kuadran IV prospek produk tabungan Mudharabah Mutlaqoh berada diposisi kuadran IV
(negatif-negatif) yang berarti produk ini menghadapi kelemahan dan ancaman secara
bersamaan sehingga diperlukan sebuah strategi yaitu strategi bertahan untuk
mengantisipasi permasalahan ini agar dapat dikondikan oleh Bank Muamalat Pontianak.
2) Prospek produk tabungan Wadi’ah Yadh-dhamanah di Bank Muamalat Pontianak
adalah membangun strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien dalam produk
tabungan Wadi’ah Yadh-dhamanah. Sedangkan berdasarkan analisis SWOT dengan
kuadran IV prospek produk tabungan Wadi’ah Yadh-dhamanah berada diposisi Kuadran
I (positif-positif) yang berarti produk ini memerlukan sebuah strategi yaitu strategi agresif
dengan menggunakannya akan membantu Bank Muamalat Pontianak dapat menambah
kualitas produknya. 3) Produk yang menujukkan prospek lebih baik adalah produk
tabungan Wadi’ah Yadh-dhamanah.