Abstract:
Perkembangan kota Pontianak sebagai salah satu kota yang dikenal sebagai
kota perdagangan dan jasa ini mulai menimbulkan banyak perubahan. Perubahan
yang paling jelas terlihat adalah timbulnya persaingan bisnis yang semakin tinggi.
Selain timbulnya persaingan bisnis yang tinggi, pola pikir dan perilaku masyarakat
juga mengalami banyak kemajuan. Perkembangan pola pikir tersebut, misalnya
banyaknya masyarakat yang tertarik untuk menginvestasikan uang mereka dengan
mendirikan usaha-usaha, seperti usaha UMKM dalam skala besar dan kecil salah
satunya usaha tempe.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh faktor harga
terhadap minat beli konsumen di Usaha Tempe Pak Wagiman. 2) Pengaruh faktor
kualitas terhadap minat beli konsumen di Usaha Tempe Pak Wagiman. 3) pengaruh
faktor pelayanan terhadap minat beli konsumen di Usaha Tempe Pak Wagiman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode mixedmethod
dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari
ownernya secara langsung untuk membantu peneliti menyebarkan koesioner
kepada pelanggan untuk mengetahui minat beli konsumen terhadap produk tempe
lalu peneliti validasi dengan hasil yang diperoleh.
Berdasarkan hasil uji validasi yang diperoleh bahwa: 1) Faktor harga
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen di Usaha
Tempe Pak Wagiman, karena faktor harga merupakan salah satu faktor penting
dalam mempengaruhi minat beli pada konsumen. 2) Faktor kualitas mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen di Usaha Tempe Pak
Wagiman, karena faktor kualitas juga gak kalah penting dengan faktor-faktor
lainnya dalam mempengaruhi minat beli pada konsumen. 3) Faktor pelayanan
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen di Usaha
Tempe Pak Wagiman, karena faktor harga juga merupakan salah satu faktor penting
dalam mempengaruhi minat beli konsumen.