Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya keberadaan ritel modern dan ritel
tradisioanal di kota Pontianak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)
persepsi konsumen (mahasiswa IAIN Pontianak) terhadap kehadiran ritel modern di kota
Pontianak; 2) persepsi konsumen (mahasiswa IAIN Pontianak) terhadap ritel tradisional di
kota Pontianak; 3) Apakah ada perbedaan persepsi konsumen (mahasiswa IAIN Pontianak)
terhadap kehadiran ritel modern dan ritel tradisional di kota Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di kampus IAIN Pontianak. Teknik dan
alat pengumpul data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam., observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada empat yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan dan teknik pemeriksaann
keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Berdasarkan data yang diperoleh melalui
wawancara bahwa persepsi konsumen muslim (mahasiswa IAIN Pontianak) terhadap
kehadiran ritel modern adalah sangat baik dikarenakan konsumen merasa terbantu dengan
adanya ritel modern ini dan seringnya konsumen berbelanja di ritel modern walaupun
harganya terbilang mahal. 2) Berdasarkan data yang diperoleh melalui wawancara bahwa
persepsi konsumen terhadap kehadiran ritel tradisioanal di kota Pontianak ini tidak baik
karena tidak sesuai dengan perkembangan zaman dan pola konsumsi masyarakat pada saat
ini. 3) Terdapat perbedaan antara persepsi konsumen terhadap kehadiran ritel modern dan
tradisioanal di kota Pontianak, di karenakan factor keunikan yang dimiliki oleh masing-
masing ritel tersebut.