Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah dengan semakin berkembangnya
dunia tekhnologi, internet tidak hanya sebatas media informasi atau komunikasi
melainkan dapat juga digunakan sebagai sarana untuk melakukan transaksi
bisnis. Semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia menjadikan pasar
yang sangat bagus untuk pelaku industri e-commerce dan tidak heran jika
banyak bermunculan e-commerce dan marketplace besar seperti Bukalapak,
Shopee, Tokopedia dan lain-lain. Kemudian tidak hanya situs belanja yang
resmi yang bermunculan, tetapi ada juga yang hanya menggunakan akun
pribadi dari pengguna media sosial lainnya seperti instagram, facebook dan
aplikasi lainnya.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui Bagaimanakah sistem
kerja yang optimal dan tepat sasaran sehingga fitur facebook advertising dapat
efektif dalam meningkatkan omset penjualan di toko online Atma Store. 2)
Untuk mengetahui Bagaimana cara mengatasi kendala dalam menggunakan
fitur facebook advertising.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk teknik
analisis data, peneliti penggunakan reduksi data, penyajian data dan
verifikasi/penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik keabsahan data
peneliti menggunakan triangulasi pada konsumen.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem kerja yang optimal
dan tepat sasaran sehingga fitur facebook advertising dapat efektif dalam
meningkat omset penjualan di toko online Atma Store adalah dengan
menyesuaikan jangkauan yang digunakan pada fitur tersebut sehingga sasaran
produk yang diposting bisa tepat sasaran serta memperhatikan waktu yang
efektif dalam memasarkan yaitu pada pukul 20.00 WIB ke atas dan yang
terpenting adalah cepat merespon pesan dari konsumen yang dilakukan
memalui fitur facebook advertising. Untuk mengatasi masalah kendala yang
ditemui dalam menggunakan fitur facebook adversiting di toko online Atma
Store adalah dengan membaca kebutuhan pasar, mencari tahu produk yang
sedang viral dikalangan masyarakat sehingga setiap produk yang diposting
mendapatkan respon yang baik oleh masyarakat dan bisa menarik minat para
pengguna facebook.