STRATEGI MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR PENJUAL PARFUM YANG DITERAPKAN OLEH TOKO NURUL PARFUM DI JALAN PANGLIMA AIM

Show simple item record

dc.contributor.advisor Iqbal, Ichsan
dc.contributor.advisor Azimi, Aulia
dc.contributor.author NOVIAN
dc.date.accessioned 2022-10-20T12:43:45Z
dc.date.available 2022-10-20T12:43:45Z
dc.date.issued 2019-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/handle/123456789/1513
dc.description.abstract Pada era dunia usaha saat ini, persaingan dalam dunia usaha semakin bertambah ketat. Persaingan ini mengharuskan para pelaku usaha untuk mampu memaksimalkan kinerja dari usaha yang dibangun, agar dapat bersaing antara sesama penjual parfum. Pelaku usaha harus mampu mempelajari dan menerapkan strategi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan atau target yang ingin dicapai. Karena dengan memahami keinginan atau target yang ingin dicapai, maka akan memberikan masukan penting bagi perusahaan, sehingga mampu merancang strategi yang tepat untuk mencapai target yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi perencanaan (plan) yang dilakukan Toko Nurul Parfum dalam menghadapi persaingan antar penjual parfum. 2) Strategi pola (pattern) yang diterapkan Toko Nurul Parfum dalam menghadapi persaingan antar penjual parfum. 3) Strategi posisi (position) yang diterapkan Toko Nurul Parfum dalam menghadapi persaingan antar penjual parfum. 4) Strategi perspektif (perspektive) yang diterapkan Toko Nurul Parfum dalam menghadapi persaingan antar penjual parfum. 5) Strategi permainan (play) yang diterapkan Toko Nurul Parfum dalam menghadapi persaingan antar penjual parfum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik keabsahan data: triangulasi dan membercheck. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti yaitu: 1) Perencanaan (Plan) yang diterapkan Toko Nurul Parfum adalah dengan komitmen untuk menciptakan produk yang memiliki kualitas seperti parfum yang dijual oleh Toko Nurul Parfum memiliki kualitas ketahanan wangi yang tahan lama, pelayanan yang baik serta menjalin komunikasi baik kepada konsumen maupun masyarakat sekitar. 2) Pola (Pattern) yang diterapkan Toko Nurul Parfum adalah dengan memberikan promo-promo menarik seperti gratis 10 ml setiap 10 kali pengisian, melakukan promosi di media sosial Instagram dan Whatshapp serta yang paling utama adalah mencampurkan cairan khusus ke dalam parfum yang dijual sehingga memiliki wangi yang tahan lama. 3) Posisi (Position) yang diterapkan Toko Nurul Parfum adalah dengan memposisikan Toko Nurul Parfum sebagai toko parfum bagi semua kalangan. 4) Perspektif (Perspektive) yang diterapkan Toko Nurul Parfum adalah dengan tidak terlalu ambil pusing dengan kehadiran pesaing yang ada, karena pada dasarnya setiap usaha itu akan selalu memiliki dan menghadirkan pesaing, kerja sama dengan stakeholder terjalin dengan baik dan saling support, menjaga kinerja serta pelayanan dan melakukan inovasi bagikemajuan toko. 5) Permainan (Play) yang diterapkan Toko Nurul Parfum adalah dengan berusaha untuk memahami karakter pelanggan/konsumen maupun masyarakat lingkungan sekitar toko, melakukan sosialisasi kepada pelanggan/konsumen dan profesional dalam berkerja serta konsisten dengan kualitas dan pelayanan yang terbaik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject strategi en_US
dc.subject persaingan en_US
dc.subject penjual parfum en_US
dc.title STRATEGI MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR PENJUAL PARFUM YANG DITERAPKAN OLEH TOKO NURUL PARFUM DI JALAN PANGLIMA AIM en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account