Abstract:
Pada era dunia usaha saat ini, persaingan dalam dunia usaha semakin
bertambah ketat. Persaingan ini mengharuskan para pelaku usaha untuk mampu
memaksimalkan kinerja dari usaha yang dibangun, agar dapat bersaing antara
sesama penjual parfum. Pelaku usaha harus mampu mempelajari dan menerapkan
strategi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan atau target yang ingin
dicapai. Karena dengan memahami keinginan atau target yang ingin dicapai, maka
akan memberikan masukan penting bagi perusahaan, sehingga mampu merancang
strategi yang tepat untuk mencapai target yang ingin dicapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi perencanaan (plan)
yang dilakukan Toko Nurul Parfum dalam menghadapi persaingan antar penjual
parfum. 2) Strategi pola (pattern) yang diterapkan Toko Nurul Parfum dalam
menghadapi persaingan antar penjual parfum. 3) Strategi posisi (position) yang
diterapkan Toko Nurul Parfum dalam menghadapi persaingan antar penjual
parfum. 4) Strategi perspektif (perspektive) yang diterapkan Toko Nurul Parfum
dalam menghadapi persaingan antar penjual parfum. 5) Strategi permainan (play)
yang diterapkan Toko Nurul Parfum dalam menghadapi persaingan antar penjual
parfum.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu teknik
observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, reduksi data,
penyajian data dan verifikasi. Teknik keabsahan data: triangulasi dan
membercheck.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti yaitu: 1) Perencanaan
(Plan) yang diterapkan Toko Nurul Parfum adalah dengan komitmen untuk
menciptakan produk yang memiliki kualitas seperti parfum yang dijual oleh Toko
Nurul Parfum memiliki kualitas ketahanan wangi yang tahan lama, pelayanan
yang baik serta menjalin komunikasi baik kepada konsumen maupun masyarakat
sekitar. 2) Pola (Pattern) yang diterapkan Toko Nurul Parfum adalah dengan
memberikan promo-promo menarik seperti gratis 10 ml setiap 10 kali pengisian,
melakukan promosi di media sosial Instagram dan Whatshapp serta yang paling
utama adalah mencampurkan cairan khusus ke dalam parfum yang dijual sehingga
memiliki wangi yang tahan lama. 3) Posisi (Position) yang diterapkan Toko Nurul
Parfum adalah dengan memposisikan Toko Nurul Parfum sebagai toko parfum
bagi semua kalangan. 4) Perspektif (Perspektive) yang diterapkan Toko Nurul
Parfum adalah dengan tidak terlalu ambil pusing dengan kehadiran pesaing yang
ada, karena pada dasarnya setiap usaha itu akan selalu memiliki dan
menghadirkan pesaing, kerja sama dengan stakeholder terjalin dengan baik dan
saling support, menjaga kinerja serta pelayanan dan melakukan inovasi bagikemajuan toko. 5) Permainan (Play) yang diterapkan Toko Nurul Parfum adalah
dengan berusaha untuk memahami karakter pelanggan/konsumen maupun
masyarakat lingkungan sekitar toko, melakukan sosialisasi kepada
pelanggan/konsumen dan profesional dalam berkerja serta konsisten dengan
kualitas dan pelayanan yang terbaik.