ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN USAHA PADA TOKO BATIK MADINAH PONTIANAK KOTA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Achmad, Firdaus
dc.contributor.advisor Ariza, Anggitia
dc.contributor.author WULANDARI, AYU
dc.date.accessioned 2022-10-20T04:05:51Z
dc.date.available 2022-10-20T04:05:51Z
dc.date.issued 2018-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/handle/123456789/1497
dc.description.abstract Toko Batik Madinah adalah toko yang menjual berbagai macam busana muslim laki-laki dan perempuan, perlengkapan alat sholat perlengkapan haji dan umroh, jilbab, baju batik, obat-obatan, parfum, air zam-zam, kurma dan sebagainya. Toko Batik Madinah mampu dikelola dengan baik sehingga dapat bertahan hingga saat ini dan mengalami kemajuan yang cukup pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan usaha pada Toko Batik Madinah Pontianak Kota. 2) Pengorganisasian usaha pada Toko Batik Madinah Pontianak Kota. 3) Pengarahan usaha pada Toko Batik Madinah Pontianak Kota. 4) Pengendalian usaha pada Toko Batik Madinah jalan Nusa Pontianak Kota. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, artinya data yang ada dilapangan akan dideskriptifkan apa adanya sesuai dengan fakta-fakta yang tampak dilapangan dan narasumber. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, redukasi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi. Kesimpulan: 1) Perencanaan usaha pada Toko Batik Madinah, yaitu menganalisis jenis usaha yang akan dijalankan, setelah itu menyusun rencana untuk memasarkan produk, selanjutnya rincikan dana yang diperlukan, dan menyiapkan modal, serta membuat peraturan seperti jam beroprasional, dan aturan-aturan lain. Strategi yang diterapkan yaitu memilih lokasi yang strategis, barang yang dijual adalah barang kualitas butik, melayani konsumen dengan baik, tidak meletakkan harga tinggi dan bisa ditawar, serta slalu update dengan model busana muslim terbaru. 2) Pengorganisasian usaha pada Toko Batik, Bapak Abdul Karim melakukan kerja sama kepada distributor yang berasal dari Solo, Pekalongan, Surabaya, Saudi Arabia dan Turkey. Dalam penempatan karyawan, karyawan bagian keuangan harus jeli dan teliti dalam menghitung, karyawan bagian gudang harus memiliki tenaga yang kuat dan cekatan, dan karyawan bagian melayani konsumen, harus mampu menghafalkan kode dan harga barang. 3) Pengarahan usaha pada Toko Batik Madinah, Bapak Abdul karim tidak pernah membeda-bedakan karyawan dalam hal apapun, semua diperlakukan sama rata, Bapak Abdul Karim adalah panutan untuk seluruh karyawan, bagaimana seorang atasan bersikap dan bertindak itulah yang akan ditiru oleh bawahannya. 4) Pengendalian usaha pada Toko Batik Madinah, karyawan telah bekerja sesuai dengan yang diperintahkan, seperti melayani konsumen dengan baik, baik dalam bertutur kata, memiliki sopan santun ketika berhadapan dengan konsumen, jujur dan amanah dalam bekerja. Barang yang terjual di Toko Batik Madinah sudah sesuai dengan yang ditargetkan, karena kebanyakan konsumen yang membeli barang untuk disumbangkan ke panti asuhan, masjid dan pesantren. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Manajemen Pengelolaan Usaha en_US
dc.title ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN USAHA PADA TOKO BATIK MADINAH PONTIANAK KOTA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account