Abstract:
Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia berdampak pada banyak
aspek, salah satunya menyebabkan perekonomian Indonesia menurun,
banyak bisnis yang tutup dan mengalami kerugian akibat dari pandemi ini
seperti yang terjadi pada Bisnis Jembatan Aqiqah
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) apa yang menjadi masalah
pada Bisnis Jembatan Aqiqah dimasa pandemi Covid-19 ?. (2) mengapa
penjualan berpengaruh terhadap Kelangsungan Bisnis Jembatan Aqiqah
Sungai Rengas Kota Pontianak. (3) bagaimana upaya yang dilakukan untuk
mengatasi dampak yang terjadi pada Bisnis Jembatan Aqiqah Sungai Rengas
Kota Pontianak
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Sumber data yang digunakan menggunakan data primer dan
sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawacara dan
observasi. Untuk analisis data penulis menggunakan metode interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pandemi
Covid-19 berdampak pada penurunan pendapatan Bisnis Jembatan Aqiqah.
Upaya untuk mengatasi dampak ini adalah menggunakan metode Costumer
Relationship Marketing yang merupakan salah satu pemasaran yang berupa
menjaga hubungan kepada konsumen tetap baik. Dan juga melibatkan
konsumen sebagai salah satu media promosi. Serta lebih giat menggunakan
E-Commerce yang dapat mendorong penjualan.